Ilustrasi Grab | Foto: Ist

Grab Diguyur Rp 20,56 Triliun oleh Softbank Vision Fund

06 Maret 2019

Moneter.id - Grab Holdings Inc (Grab) memeroleh kucuran dana dari Softbank Vision Fund senilai 1,46 miliar dolar AS atau setara Rp 20,56 triliun. Investasi tersebut merupakan pendanaan dalam putaran seri H yang dibuka oleh Grab.

Alhasil perusahaan aplikasi transportasi daring ini, total mengantongi investasi sebesar 4,5 miliar dolar AS setara Rp 63,65 dolar AS dalam pendanaan seri H.

CEO Grab, Anthony Tan mengatakan, pendanaan tersebut merepresentasikan pendanaan swasta yang terbesar di industri teknologi transportasi daring.

“Kami berterima kasih atas dukungan berkelanjutan mereka bagi pertumbuhan Grab,” kata Anthony di Jakarta, Rabu (6/3).

Meski telah mengantongi investasi dalam jumlah yang besar, Anthony menyatakan Grab masih membuka kesempetan investor untuk menanamkan modal di seri H.

“Minat para investor untuk menjajaki investasi di Grab, khususnya seri H sehingga pihaknya memilih membuka pintu lebar,” paparnya.

Ia menjelaskan, investasi yang telah berhasil diperoleh itu kan digunakan untuk mengembangkan visi Grab sebagai perusahaan super app di Asia Tenggara. Tujuannya, untuk memberikan lebih banyak layanan harian dan aksesibilitas yang lebih besar bagi para pelanggan.

“Investasi ini bentuk nyata dari visi Grab sebagai super app nomor satu di Asia Tenggara dalam mengembangan ekosistem teknologi di kawasan ini,” ucap Anthony.

Anthony mengatakan, pihaknya bertekad untuk terus meningkatkan taraf kehidupan jutaan masyarakat di Asia Tenggara dengan menyediakan peluang lewat platform yang telah dirintis.

“Secara umum, Grab juga akan menginvestasikan sebagian besar dana investasinya di Indonesia,” bebernya.

“Grab telah menguasai 60% pangsa pasar roda dua dan 70 % roda empat. Bisnis Grab di Indonesia juga mengalami perkembangan pesat ditandai dengan adanya peningkatkan dua kali lipat pada tahun 2018,” klaim Anthony.

Sekedar informasi, dari total pendanaan seri H sebesar Rp 63,65 triliun, terdapat beberapa perusahaan besar yang sudah berinvestasi. Di antaranya Toyota Motor Corporation, Oppenheimer Funds, Hyundai Motor Group, Booking Holding, Microsoft Corporation, Ping An Capital, dan Yamaha Motor.


TERKINI