Ilustrasi Meikarta | Foto: Ist

Karena Meikarta, Laba Lippo Cikarang Naik 503 Persen Jadi Rp 2,2 Triliun Sepanjang 2018

06 Maret 2019

Moneter.id - PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) membukukan laba bersih hingga 503% menjadi Rp 2,2 triliun sepanjang 2018. Pencapaian ini ditopang dari penjualan proyek kota terencana, Meikarta di Cikarang, Jawa Barat.

Presiden Direktur Lippo Cikarang, Simon Subiyanto, menyatakan bahwa capaian laba tersebut terjadi karena ada kontribusi dari dekonsolidasi PT Mahkota Sentosa Utama sebesar Rp 2,4 triliun. Dekonsolidasi yang dilakukan dengan melego lahan proyek Meikarta itu mengambil bagian hingga 37% terhadap pendapatan usaha Lippo Cikarang.

“Total pendapatan sebesar Rp 2,2 triliun meningkat sebesar 47% dari periode yang sama tahun 2017. Sedangkan laba kotor senilai Rp 1,3 triliun naik 98 %,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pendapatan rumah hunian dan apartemen memberi kontribusi sebesar 42% atau setara dengan Rp 935 miliar, menurun 17% dari tahun sebelumnya. "Dengan besaran kontribusi yang sama, pendapatan dari industri dan komersial di tahun 2018 tercatat sebesar Rp 934 miliar," ujar Simon.

Sementara pada hasil tahun lalu, lanjut Simon, melebihi harapan perseroan, meski pasar properti di Tanah Air melemah selama periode tersebut. "Kita optimis Lippo Cikarang memiliki proyek yang berkesinambungan untuk pertumbuhan di masa depan,” tegasnya.

Perusahaan yang tergabung dalam grup Lippo ini mempunyai total aset sebesar Rp 8,6 triliun di tahun 2018. Jumlah tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 12,5 triliun.


TERKINI