Bank SulutGo | Foto: Ist

Bank SulutGo Raup Laba Rp260,27 Miliar Pada 2018

14 Maret 2019

Moneter.id - Pemegang Saham Pengendali Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui salah satu pemegang saham Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap menyatakan PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (SulutGo) membukukan laba sebesar Rp260,27 miliar pada 2018.

"Ini merupakan pencapaian yang baik dari Komisaris dan direksi Bank SulutGo," katanya di Manado, Rabu (13/03).

James mengatakan berdasarkan periode laporan bulanan Desember 2018, laba bersih Bank SulutGo mencapai Rp260,27 miliar, menurun 13,81% dibandingkan tahun sebelumnya. "Meskipun mengalami penurunan, namun tetap tumbuh, dan kinerja berjalan baik," kata James.

Dia mengatakan semua pemegang saham telah melihat laporan tahunan dari Bank SultGo yang prima, tidak ada hal-hal yang melemahkan.

Pemerintah Sulut merupakan pemegang saham paling besar di Bank SulutGo, dengan porsi kepemilikan mencapai 36,64%. Pemegang saham terbesar kedua adalah PT Mega Corpora yang memiliki 24,9% saham.

Sementara, Direktur Utama Bank Sulutgo Jeffry AM Dendeng mengatakan tantangan yang dihadapi perseroan tersebut secara umum cukup berat pada tahun lalu. Terutama, tantangan untuk menghimpun dana masyarakat di tengah tekanan likuiditas perbankan secara nasional.

Namun demikian, dia mengatakan bahwa tekanan likuiditas mulai reda pada awal tahun ini. Dana pemerintah yang keluar pada akhir tahun lalu sudah kembali ke perseroan.

Jeffry mengatakan, perseroan optimistis dapat mencatatkan kinerja yang lebih baik pada tahun ini. Perseroan juga mulai menyiapkan strategi untuk menggenjot pertumbuhan kredit dengan memaksimalkan pembiayaan kepada pemerintah daerah.

Pada akhir tahun lalu, penyaluran kredit Bank Sulutgo mencapai Rp11,1 triliun, tumbuh 1,84% secara tahunan. Di sisi lain penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) mengalami penurunan 16,88% secara tahunan menjadi Rp10,79 triliun.


TERKINI