Bunderan Alam Sutera | Foto: Ist

Marketing Sales Alam Sutera Realty Naik 18 Persen di Kuartal I/2019

10 April 2019

Moneter.id - PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) mengantongi marketing sales di kuartal I/2019 senilai Rp880 miliar atau naik 18% dari target tahun ini sebesar Rp5 triliun.

Dalam riset Kim Eng Sekuritas di Jakarta, Selasa (9/04) dijelaskan, marketing sales yang dibukukan oleh Alam Sutera terbilang cukup kuat.

Namun, bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, marketing sales ASRI pada kuartal I/2019 mencatatkan penurunan hingga 38%.

Disebutkan, marketing sales yang kuat sebagian besar berasal dari unit-unit proyek yang ada yang tidak terjual di Serpong dan Pasar Kemis.

Pada kuartal I/2019, ASRI tidak melakukan peluncuran besar. Perseroan bakal meluncurkan proyek baru usai Lebaran. Maybank Kim Eng Sekuritas merekomendasikan beli saham ASRI dengan target harga Rp410 per saham.

Sebagai informasi, untuk memenuhi target penjualan tahun ini, perseroan terus mengembangkan dua proyek yang terletak di Kawasan Alam Sutera Serpong dan Suvarna Sutera, Pasar Kemis, Tangerang dengan membidik segmen menengah atas. Sedangkan untuk Suvarna Sutera akan menyasar segmen kelas menengah.

Untuk memuluskan ekspansi tersebut, ASRI menyiapkan belanja modal sebesar Rp 500 miliar-Rp 800 miliar.

Adapun total landbank ASRI saat ini seluas 2.200 hektare (ha). Belum lama ini, Alam Synergy Pte Ltd (ASPL) yang merupakan anak usaha PT Alam Sutera Realty Tbk menerbitkan surat utang dalam mata uang asing sebesar US$ 175 juta atau setara Rp2,52 triliun dengan bunga 11,5%.

“Sebagian dana hasil penerbitan surat utang akan digunakan untuk melunasi sebagian surat utang ASPK yang jatuh tempo 2020,” kata Tony Rudiyanto, Sekretaris Perusahaan ASRI.

Sementara sepanjang tahun 2018, perseroan mencatatkan penjualan pemasaran atau marketing sales yang cukup memuaskan pada tahun lalu atau mencapai Rp 4,3 triliun. Jumlah ini melampaui target perusahaan sebesar Rp 4 triliun.

Analis Maybank Kim Eng Sekuritas, Aurellia Setiabudi, menjelaskan positifnya marketing sales ASRI di tahun lalu didorong oleh peluncuran proyek apartemen Lloyd di kawasan Serpong.

Apartemen ini menerapkan konsep low rise dan diperuntukkan untuk end user atau konsumen yang benar-benar membutuhkan tempat tinggal,” paparnya.


TERKINI