Gedung Telkom | Foto: Ist

Kuartal I/2019, Telkom Realisasikan Capex Rp 7,26 Triliun

13 Mei 2019

Moneter.id - Perusahaan telekomunikasi plat merah, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) telah merealisasikan belanja modal (capital expenditure/Capex) mencapai Rp 7,26 triliun di kuartal I/2019.

“Perseroan sudah menggunakan sekitar 22% dari anggaran belanja modal di tahun ini,” tulis keterangan resmi perseroan akhir pekan ini.  

Dijelaskan, tahun ini Telkom menganggarkan belanja modal di atas Rp 33 triliun. Angka ini sedikit naik jika dibandingkan dengan tahun lalu yang ada di level Rp 33 triliun. Belanja modal terbesar akan digunakan untuk ekspansi jaringan.

Untuk sektor bisnis mobile, anggaran yang disiapkan sebesar 40%-50% dari total belanja modal. Sementara sisanya digunakan untuk bisnis non-mobile.

Direktur Utama TLKM, Alex J. Sinaga mengatakan, capex digunakan untuk membangun infrastruktur broadband atau tulang punggung jaringan.

“Baik untuk mobile, yakni pembangunan BTS 4G LTE dan pengembangan sistem IT, maupun fixed broadband berupa jaringan akses serat optik ke rumah serta jaringan backbone serat optik bawah laut dan darat,” ujarnya.

Menurut dia, penguatan kapabilitas broadband ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan. Oleh karena itu, ia yakin dan optimistis pada tahun 2019 ini, TLKM dapat mencatat kinerja yang jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Per kuartal I/2019, TLKM mencatatkan pendapatan Rp 34,84 triliun atau naik 7,73% secara tahunan. Pada periode yang sama tahun sebelumnya, TLKM mencatatkan pendapatan sebesar Rp 32,34 triliun.

Sementara laba bersih perserian tumbuh 9% secara tahunan menjadi Rp 6,22 triliun. Pada periode yang sama tahun sebelumnya, laba bersih TLKM adalah sebesar Rp 5,73 triliun.

 


TERKINI