Bank Artos Indonesia | Foto: Ist

Bank Artos Indonesia Bidik Rp77,5 Miliar dari Right Issue

17 Mei 2019

Moneter.id - PT Bank Artos Indonesia Tbk (ARTO) berencana akan melakukan Penambahan Modal Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau right Issue pada kuartal III/2019.

“Kita berharap dapat menggalang dana hingga Rp77,5 miliar dari aksi korporasi tersebut,” kata Direktur Utama ARTO, Deddy Triyana, Kamis (16/05/2019).

Deddy mengatakan, penggalangan dana dari right issue diharapkan dapat menjaring sebesar Rp55 miliar. Disamping itu, akan ada tambahan dari saham Agio senilai Rp22 miliar.

”Kami sedang mendekati beberapa calon investor untuk ikut dalam right issue kali ini,” ujarnya.

Deddy menjelaskan, dana hasil aksi korporasi tersebut akan digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan kredit dan menekan biaya dana.

“Dana right issue akan menambah penyaluran kredit tahun ini sebesar Rp115 miliar,” ujarnya.

Dengan tambahan kredit tersebut, jelas dia, akan meningkatkan pendapatan bunga sebesar Rp5,7 miliar. Jika rencana tersebut berjalan, maka pada akhir tahun ini, Bank Artos akan kembali membukukan laba bersih.

“Tahun ini kami harap dapat menbukukan laba bersih Rp1 miliar dari rugi Rp23 miliar tahun 2018,”paparnya.

Selain itu, emiten perbankan ini juga akan melakukan hapus buku terhadap kredit bermasalah sebesar Rp17 miliar. Dengan demikian, akan mengurangi kewajiban CKPN (Cadadangan Kerugian Penurunan Nilai) tahun 2019.

“Sampai dengan kuartal I/2019, kami telah hapus buku senilai Rp3 miliar,” tungkas Deddy.

 


TERKINI