PT Parna Raya Logistik (PRL)

Parna Raya Logistik Menjelma Jadi Perusahaan Logistik yang Disegani di Indonesia

29 Mei 2019

Moneter.id - PT Parna Raya Logistik (PRL) adalah perusahaan yang bergerak di bidang logistik intermoda yang didirikan pada 7 Juni 1972 dengan nama PT Parna Raya.

Presiden Direktur Grup Parna Raya Charles Simbolon mengatakan, awalnya Parna Raya hanya berkecimpung di bidang logistik transportasi.

“Sejalan dengan perkembangan waktu, Parna Raya berkembang pesat sehingga memiliki lima pilar bisnis, yaitu logistik, petrokimia, investasi, energi, dan infrastruktur migas,” kata dia di Jakarta, baru-baru ini.

Charles menjelaskan, fokus kepada kebutuhan pelanggan adalah salah satu volume yang dimiliki oleh Parna Raya. Sejak Mei 2017, lanjut dia, Parna Raya melakukan spin-off atas bisnis logistik dan mendirikan PRL.

“Dalam waktu singkat, PRL menjelma menjadi perusahaan yang disegani di bidang logistik di Indonesia, karena berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan,” ujar dia.

Baca juga: Berpegang Pada Prinsip Dasar, Parna Raya Tumbuh Jadi Perusahaan Besar di Indonesia, Asia dan Australia

Bahkan, imbuh Charles, PRL juga dipercaya untuk menjadi rekanan di perusahaan-perusahaan besar dan BUMN untuk mengangkut beras, tepung, baja, semen, tiang pancang, dan lain sebagainya.

“Sebagai perusahaan yang berdiri dan beroperasi di Indonesia, PRL juga bertujuan untuk ikut serta berperan aktif dalam perkembangan bisnis di Indonesia,” jelas dia.

PRL kemudian mengembangkan jumlah armadanya, terutama dengan spesifikasi heavy duty trucks. Tujuannya, terang Charles, untuk melayani angkutan-angkutan tersebut di atas. 

Anak usaha Parna Raya ini terus menerus menambah jenis armada, bukan hanya trailer tronton berkapasitas 45 ton saja, tetapi juga jenis trailer engkel berkapasitas 25 ton. Rute angkutan yang dilayani saat ini adalah untuk daerah Jawa.

“PRL juga sedang membuka rute-rute baru sesuai dengan permintaan pelanggan yang semakin meningkat. PRL pun melebarkan sayap dengan merangkul kerja sama dengan mitra-mitra pemilik truk untuk bersama-sama melayani kebutuhan pasar di industri logistik yang semakin meningkat,” ujar Charles.

Saat ini PRL dimotori oleh manajemen yang beranggotakan para profesional berbakat dan berpengalaman.

“Kami terus berkeinginan untuk menggali berbagai peluang baru. Kami mampu melakukan hal ini dengan semangat yang sama seperti ketika PRL masih menjadi salah satu divisi di Parna Raya dan waktu itu baru mulai berkembang,” ungkap dia.

Penjelasan Charles, PRL telah memiliki perangkat organisasi demi membangun tata kelola perusahaan yang efektif agar seluruh kepentingan baik itu mitra, investor, dan pemangku kepentingan lain terakomodir.

“Guna menunjang operasional dan seiring dengan keseriusan dalam bidang angkutan darat, PRL telah mengantongi Surat Ijin Usaha JasaPengurusanTransportasi (SIUJPT) Domestik/Internasional,” terang Charles.


TERKINI