Chief Executive Officer & Co-Founder, Akseleran Ivan Tambunan saat berbincang dengan Head of Public & Government Relations Akseleran, Rimba Laut beberapa waktu lalu.

Ivan Tambunan, Pendiri Akseleran yang Dulu Seorang Pengacara

15 Juni 2019

Moneter.id - Akseleran adalah peer-to-peer lending platform di Indonesia yang menghubungkan usaha kecil dan menengah (UKM) yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usaha dengan kumpulan pemberi pinjaman yang memiliki dana lebih untuk mendanai pinjaman tersebut.

Di enam bulan pertama sejak diluncurkan per Oktober 2018, Akseleran berhasil meraih 200 ribu pengguna dari aplikasi mobile di seluruh Indonesia. Pencapaian ini turut mendorong realisasi penyaluran pinjaman Akseleran yang terus meningkat hingga mencapai sebesar Rp350 miliar di pertengahan Maret 2019.

Sedangkan, di penghujung tahun 2018, Akseleran mencatat penyaluran pinjaman 105% dari yang ditargetkan atau sebesar Rp210 miliar kepada 450 pinjaman dari berbagai latar belakang. 

Dengan keberhasilan tersebut, Akseleran menargetkan kenaikan penyaluran pinjaman sebanyak enam kali lipat, atau sebesar Rp1,4 triliun secara kumulatif di akhir tahun ini.

Per Maret 2019, Akseleran berhasil melakukan mitigasi risiko dengan mencatat non performing loan (NPL) 0,3%. Pencapaian tersebut, menunjukkan bahwa peer-to-peer lending platform besutan  Ivan Tambunan ini mampu menjaga rasio pinjaman macet lebih dari 90 hari di tingkat yang rendah dengan posisi NPL per Maret tahun ini lebih rendah 0,2% dibandingkan periode 31 Desember 2018.

Sebelum mendirikan Akseleran, Ivan telah bekerja sebagai transactional banking lawyer pada kantor hukum ternama dari Inggris, Allen & Overy, di Jakarta dan di London, dimana ia membantu kliennya dalam berbagai transaksi pembiayaan general lending, leveraged finance, project finance dan real estate finance

Berikut video singkat profil Ivan Tambunan Chief Executive Officer & Co-Founder Akseleran:



TERKINI