Foto: Ist

CEO Airy: 'Airy Community' Diharapkan Jadi Solusi Tingkatkan Kualitas dan Daya Saing Pariwisata Indonesia

04 Juli 2019

Moneter.id - Jaringan operator hotel yang bermitra dengan berbagai hotel budget di seluruh Indonesia, Airy mengenalkan kembali program Airy Community. Program ini untuk menstandarisasi mutu layanan properti hotel atau penginapan di bawah naungannya.

“Airy Community diharapkan menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas dan daya saing pariwisata Indonesia,” kata Danny Handoko, CEO Airy beberapa waktu lalu.

Gagasan Airy lewat Airy Community menjadi terobosan dalam penguatan kapasitas SDM. Sebuah langkah yang selaras dengan prioritas pembangunan pemerintah. Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020 berfokus pada upaya peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan yang berkualitas.

Survei Tenaga Kerja Nasional (Sakernas) memberi gambaran kondisi ketenagakerjaan pariwisata Indonesia. Pada 2017, industri pariwisata memiliki daya serap tenaga kerja yang tergolong tinggi dengan angka 10,6 juta orang atau setara 9,03% dari total tenaga kerja nasional.

Data statistik dari Neraca Satelit Pariwisata Indonesia menunjukkan hanya 14,39% yang merupakan lulusan pendidikan tinggi.

Airy Community diluncurkan pada 2018 dengan melibatkan 594 peserta dengan lokasi pelatihan di berbagai daerah; meliputi Jabodetabek, Malang, Samarinda, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

“Kami optimis Airy bisa terus melanjutkan misinya memajukan industri hotel anggaran rendah di Tanah Air. Dengan demikian, Airy tak hanya berperan bagi pengguna dan mitra property owner,tetapi lebih penting lagi, bisa berandil lebih besar dalam memajukan ekonomi digital di Indonesia,” ujarnya.

Sepanjang 2019, Airy akan menjalankan rangkaian pelatihan, terutama aspek housekeeping dan front office, dengan target hingga 4.000 karyawan mitra properti. Tahun ini, Airy Community akan menggaet jumlah partisipan yang lebih banyak, hingga 4.000 orang, dan diimplementasikan di 13 kota berbeda,” tungkas Danny.


TERKINI