Ilustrasi | Foto: Ist

Uang Kripto Facebook 'Libra' Tak Dapat Diluncurkan Dulu, Ini Alasannya

11 Juli 2019

Moneter.id - Rencana Facebook untuk membuat mata uang digital ‘Libra’ tidak dapat berlanjut hingga permasalahan yang menjadi kekhawatiran terkait mata uang kripto (cryptocurrency) dapat ditangani. 

Demikian ditegaskan Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve Jerome Powell seperti dikutip Reuters, Kamis (11/07)

"Libra menimbulkan banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari privasi, tindak pencucian uang, perlindungan konsumen, dan stabilitas keuangan. Saya kira Libra tidak dapat dilanjutkan tanpa mengatasi masalah tersebut," ujar Powell. 

Powell menjelaskan aturan yang ada saat ini tidak sesuai dengan mata uang kripto atau digital, seperti Libra. Tinjauan regulasi yang saat ini tengah dilakukan pihaknya, menurut dia, harus dilakukan secara berhati-hati dan membutuhkan kesabaran.  "Uang kripto tidak cocok masuk dalam regulasi kami yang ada saat ini, tapi ini memilliki skala berpotensi sistemik," bebernya. 

Sementara, Juru Bicara Facebook Elka Looks mengaku pihaknya akan selaras dengan The Fed terkait pentingnya wacana publik atas rencana peluncuran mata uang kripto mereka. 

"Ini sebabnya kami bersama 27 anggota dari asosiasi yang akan meluncurkan Libra ini membuat pengumuman terkait ini sehingga kami dapat memperoleh wacana konstruktif dan umpan balik," terangnya. 




TERKINI