Sail Nias 2019

Sail Nias 2019 Sukses, Nias Siap Sambut Investor Pariwisata

15 September 2019

Moneter.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah hadir untuk mendukung kepala daerah setempat agar fokus pada potensi yang ada di Nias, Sumatera Utara (Sumut) yakni pariwisata dan perikanan.

"Semua pihak akan mendukung penuh pengembangan pariwisata di Nias, seperti yang dilakukan melalui ajang Sail Nias ini yang juga dirangkai dengan kejuaraan selancar internasional di Pantai Sorake," katanya saat puncak acara Sail Nias 2019 di Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Sabtu (14/9).

Untuk itu, ia mengajak masyarakat di Nias untuk bersama-sama menyiapkan diri terutama dalam hal menyambut investor pariwisata yang datang ke Nias. “Ayo kita siapkan diri kita menyambut datangnya wisatawan dengan senyum dan tentu juga keramahtamahan," kata Luhut.

Sementara, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menegaskan, suksesnya Sail Nias 2019 merupakan sukses bersama, khususnya semua pihak yang terlibat di dalamnya. Mulai dari pemerintah daerah, beberapa kementerian, segenap panitia, masyarakat setempat, dan lain sebagainya.

“Sinergi dari unsur pentahelix yang menjadi kunci dalam mengembangkan pariwisata Indonesia. Khususnya dalam mewujudkan target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara sepanjang 2019.

Pariwisata sebagai sektor andalan, kata Menpar, harus didukung semua kalangan. Termasuk dukungan dari sektor infrastruktur dan transportasi dalam mempercepat tercapainya target pariwisata 2019.

“Kita akan terus tingkatkan pariwisata Indonesia melalui berbagai cara. Jika semua bergerak, kita pasti bisa menjadi yang terdepan,” katanya.

Sail Nias 2019 merupakan acara layar ke-11 yang digelar Pemerintah Indonesia sejak 2009. Nias diharapkan akan lebih banyak dikenal dan dikunjungi wisatawan setelah perhelatan tersebut.

Penyelenggaraan Sail Nias 2019 melibatkan empat kabupaten dan satu kota di Pulau Nias yakni Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Selatan, Nias Barat, Nias, dan Nias Utara.


TERKINI