Gedung Bank Sumut | Foto: Ist

Bank Sumut Bakal Tekan NPL Hingga 3 Persen, Dirut: Semoga Bisa

19 Nopember 2019

Moneter.id - PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatra Utara (Bank Sumut) terus berupaya menekan angka kredit bermasalah (non performing loan/NPL) hingga di kisaran 3% pada akhir 2019 dari saat ini yang masih 4,5%.

"Semoga pada akhir 2019 bisa tinggal di kisaran 3%," ujar Direktur Utama Bank Sumut Muchammad Budi Utomo dikutip Antara, Selasa (19/11).

Selain menekan angka NPL, kata Budi Utomo, Bank Sumut juga terus menggiatkan pengelolaan piutang serta recovery aset. Alasannya, karena kredit macet itu yang sudah lama atau utang lama, bukan dari kredit baru.

"Selain berupaya menekan NPL, Bank Sumut juga akan meningkatkan penyaluran kredit," kata Budi Utomo.

Ia mengakui, selama ini kredit Bank Sumut masih terbesar ke Aparatur Sipil Negara (ASN). "Bank Sumut harus keluar dari zona itu (ASN) dan menunjukkan fungsinya sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) untuk semua rakyat," ujarnya.

Budi Utomo menyebutkan, Bank Sumut akan membidik pembiayaan ke sektor UKM dan sektor komersial lainnya. Untuk itu, katanya, Bank Sumut, terus menyiapkan sumber daya manusia (SDM).

"Peningkatan kredit memang jadi target.Namun dalam kondisi ekonomi seperti sekarang, manajemen harus hati-hati dan lebih selektif untuk menjaga NPL ," katanya.

Sementara, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumbagut, Yusup Ansori mengatakan, Bank Sumut memang terus ditekankan untuk memperhatikan NPL yang masih di atas 4%.

"Secara keseluruhan performa Bank Sumut masih positif. Dari sisi rentabilitas-nya, Bank Sumut juga bagus, namun NPL-nya harus bisa ditekan di bawah 4%," ujarnya.


TERKINI