Produk khas Indonesia dalam ajang promosi produk segar terbesar di dunia, Marché de Rungis di Paris, Grand Palais, Prancis | Foto: Kemenparekraf

Gastronomi dan Produk Khas Indonesia Dipromosikan di Marché de Rungis Paris

19 Nopember 2019

Moneter.id - Gastronomi dan produk khas Indonesia dipromosikan dalam ajang promosi produk segar terbesar di dunia yakni Marché de Rungis yang digelar pada 15 - 17 November 2019 di Paris, Grand Palais, Prancis.

Promosi ini merupakan kolaborasi antara Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) dengan mitra-mitra perusahaan Prancis yaitu Paris Store dan Shanti Travel. Dan juga didukung oleh sejumlah restoran Indonesia di Paris seperti Restaurant Indonesia, Borneo a Paris Restaurant Indonesia, PPI Prancis, dan tim Pencak Silat KBRI Paris.

"Merupakan suatu tantangan bagi VITO Prancis untuk terus giat memperkenalkan dan mempromosikan Indonesia di Prancis. Apalagi, jumlah turis Prancis yang berlibur ke Indonesia semakin meningkat. Tetapi masih banyak orang Prancis yang belum tahu tentang Indonesia," papar VITO Prancis Eka Moncarre disiaran pers yang diterima Moneter.id di Jakarta, Selasa (19/11).

Menurutnya, banyak cara untuk mempromosikan pariwisata Indonesia tetapi diperlukan strategi yang tepat dengan sasaran yang benar. Dan menggunakan event yang jelas serta membawa hasil untuk Indonesia.

"Kali ini Indonesia kembali hadir di acara bergengsi di Paris, dengan menggunakan gastrodiplomacy sebagai strategi marketing out of the box. Tujuannya untuk memperkenalkan Indonesia di ajang internasional," terangnya.

Marché de Rungis adalah pasar untuk produk-produk segar terbesar di dunia yang berlokasi di dekat pusat kota Paris. Event ini merayakan ulang tahunnya yang ke-50 tahun dengan membuat edisi pertama festival gastronomi di tempat bergengsi di Paris, Grand Palais.

Pameran ini juga dibuka untuk publik sehingga mereka bisa membeli langsung produk segar dari Pasar Rungis dan mitra-mitranya.

Menurutnya, menjadi suatu kehormatan bagi Indonesia untuk bisa tampil di tengah-tengah semua pengusaha makanan di Prancis dalam acara bergengsi dengan Rungis sekaligus bisa mempromosikan produk-produk Indonesia. Untuk itu VITO menggandeng Paris Store, salah satu supermarket Asia terbesar di Prancis.

Dengan memperkenalkan Indonesia lewat event gastronomi di Rungis, ia berharap bukan pariwisata Indonesia saja yang dipromosikan, tapi juga gastronomi indonesia, produk-produk, dan kebudayaan Indonesia.

“Promosi yang dikemas secara lengkap dengan cara kreatif dan inovatif, akan mampu menarik lebih banyak wisatawan asal Prancis untuk berkunjung ke Indonesia sehingga dapat meningkatkan devisa bagi Indonesia,” tutup Eka.


TERKINI