Ahok | Foto: Ist

Membandingkan Besaran Gaji yang Diterima Ahok Saat Ini dan Ketika Jadi Gubernur DKI

27 Nopember 2019

Moneter.id - Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau lebih dikenal dengan sebutan Ahok resmi menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina pada Senin (25/11) lalu.

Baca juga: RUPS Pertamina Putuskan Perubahan Direksi dan Komisaris, Ini Daftarnya

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini dalam menjalankan tugasnya sebagai komisaris utama di perusahaan migas milik negara nantinya akan memeroleh gaji yang lumayan cukup besar.

Dilansir dari laman moneysmart.id, Rabu (27/11) berdasarkan Laporan Keuangan Pertamina pada 2018, total kompensasi untuk direksi dan komisaris mencapai US$ 47,237 juta atau sekitar Rp 661 miliar. Angka itu turun dibandingkan tahun 2017 yang mencapai US$ 52,781 juta.

Pada 2018, jumlah direksi dan komisaris Pertamina mencapai 17 orang. Jika dihitung rerata, maka per orangnya mendapat kompensasi sekitar Rp 39 miliar per tahun atau sekitar Rp 3,2 miliar per bulan.

Sebagai perbandingan, gaji pokok gubernur DKI Jakarta memang hanya Rp 3 juta per bulan. Tapi angka ini belum ditambah komponen tunjangan Rp 5,4 juta.

Kemudian, kepala daerah juga berhak mendapatkan biaya penunjang operasional sebesar 0,13% dari pendapatan asli daerah (PAD) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2000.

BPO itu tidak ditransfer ke rekening pribadi. Uangnya tersimpan di Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDH KLN). Gubernur dapat mengambilnya kapan saja kalau ia merasa perlu dan tidak ada kewajiban untuk melaporkan penggunaan dananya.

Sebagai informasi, PAD DKI Jakarta pada 2018 mencapai Rp 44,56 triliun. Ini berarti BPO untuk kerja gubernur ibu kota mencapai sekitar Rp 65 miliar per tahun.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Korporat Pertamina, Basuki Trikora Putra, membantah kabar soal besaran gaji Ahok yang sebesar Rp 3,2 miliar per bulan. “Saya anggap itu tidak benar, hoaks,” kata Basuki di Jakarta, seperti dikutip dari Katadata.co.id.

Kabar tersebut dinilai tidak dapat dipertanggungjawabkan. Ia juga mengaku tidak mengetahui dari mana perhitungan soal gaji tersebut didapatkan.

 

 


TERKINI