Ilustrasi Franchise | Foto: Ist

Ciri-ciri Bisnis Franchise Terbaik yang Bisa Jadi Pertimbangan Calon Franchisee

27 Nopember 2019

Moneter.id - Membeli bisnis franchise saat ini telah menjadi salah satu pilihan bisnis yang sangat menarik. Hal ini dikarenakan tingkat risiko yang dihadapi dalam menjalankan bisnis tersebut relatif sangat kecil.

Bisnis franchise hampir tidak memerlukan banyak percobaan atau dikenal dengan istilah ‘trial and error’. Ya, karena semua itu sudah dilakukan oleh para pemilik merek sebelum usaha mereka itu di franchise-kan.

Namun, tidak semua bisnis franchise itu memiliki sistem yang terintegrasi dengan baik. Sehingga tak sedikit juga yang mengalami hambatan dalam perjalanannya.

Sebagai seorang calon franchisee, sebaiknya anda memilah dan memilih brand franchise yang sudah terpercaya. Jangan sampai salah memilih brand franchise yang hanya bisa menjanjikan, namun pada akhirnya lepas tangan.

Dikutip dari franchiseglobal.com, Rabu (27/11) ciri-ciri bisnis franchise terbaik yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan bisnis seperti, pertama, harus memiliki website resmi yang update.

Kedua, memiliki alamat yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Ketiga, Memiliki sistem yang jelas, mulai dari dari alus pendaftaran, commitment fee sampai cabang berdiri

Keempat, memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang pasti dan dapat dipertanggungjawabkan. Kelima, selalu melakukan training kepada calon franchisee-nya.

Keenam, selalu survey lokasi calon franchisee untuk membuka usahanya. Ketujuh, mempunyai software khusus yang digunakan franchisee untuk mengelola bisnisnya dan untuk mengirim laporan keuangan setiap bulan.

Kedelapan, selalu transparan terhadap berbagai informasi yang dibutuhkan oleh franchisee-nya. Dan terakhir, memiliki banyak testimoni dari pelanggan maupun franchisee-nya.


TERKINI