Mekar | Foto: Ist

Mekar Kenalkan P2P Lending di Fintech Exhibition Surabaya 2019

02 Desember 2019

Moneter.id - Perusahaan fintech peer-to-peer lending (P2P) PT Mekar Investama Sampoerna (MEKAR), platform untuk mendanai pinjaman UMKM Indonesia, turut berpartisipasi dalam gelaran Fintech Exhibition di SCC Pakuwon Trade Center, Surabaya, Jawa Timur, pada 29 November - 1 Desember 2019.


CEO MEKAR, Pandu Aditya Kristy, mengatakan bahwa gelaran Fintech Exhibition Surabaya 2019 menjadi ajang yang tepat bagi masyarakat kota terbesar kedua di Indonesia itu untuk mengenal lebih jauh dan memanfaatkan layanan pinjaman P2P.

“Acara ini memberi kesempatan bagi masyarakat luas untuk mengenal platform-platform fintech seperti MEKAR yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, sehingga harapannya masyarakat tidak salah memilih fintech yang ilegal,” kata Pandu disiaran pers yang diterima Moneter.id, Jumat (29/11).

Platform pemenang penghargaan internasional Best P2P Platform in Indonesia ini hadir untuk mendorong peningkatan inklusi keuangan dan mempopulerkan layanan pinjaman P2P yang berdampak sosial.

“Di MEKAR, lender atau pemberi pinjaman dapat berperan serta dalam menciptakan dampak sosial positif, yaitu dengan mendanai pinjaman usaha produktif untuk pelaku UMKM di pelosok desa-desa dan kota-kota kecil di Indonesia,” kata Pandu.

Seperti diketahui, hingga September 2019, MEKAR telah berperan dalam upaya meningkatkan angka inklusi keuangan di Indonesia dengan memfasilitasi pembiayaan lebih dari 57.300 pinjaman usaha untuk pelaku UMKM yang tersebar di 114 kota dan kabupaten di 13 provinsi di Indonesia. 

Selain itu, MEKAR juga telah menggandeng 11 lembaga keuangan mikro yang beroperasi di berbagai daerah di Indonesia yang membantu MEKAR dalam mencari peminjam dan menyalurkan pinjaman.

Dengan tersedianya pendanaan usaha, para pelaku UMKM bisa menjalankan dan mengembangkan usaha mereka. Dengan begitu, pelaku UMKM pun akan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup mereka dan meningkatkan perekonomian di lingkungan di mana unit-unit UMKM tersebut berada.

Sementara, Kepala Humas dan Hubungan Industrial AFPI Tumbur Pardede menjelaskan acara ini memberikan edukasi dan layanan kepada masyarakat untuk merasakan layanan finansial yang bermanfaat, terutama bagi yang membutuhkan pinjaman dan yang memberikan pinjaman.

“Semangat utama dari acara ini adalah untuk menyampaikan informasi secara lengkap, transparan, dan aktual agar masyarakat dapat menerima manfaat yang sebesar-besarnya dari penggunaan fintech lending pilihan mereka,” jelas Tumbur.

Informasi saja, MEKAR adalah platform P2P terkemuka di tanah air yang menghubungkan orang-orang yang memiliki dana dan ingin menumbuhkan uang mereka dengan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang membutuhkan pembiayaan usaha.

Platform MEKAR telah mendapatkan tanda terdaftar dari Otoritas Jasa Keuangan pada bulan Maret 2018.


TERKINI