Screenshot web alfacentra.com

Alfa Energi Investama Siapkan Dana Capex USD 2 Juta

09 Januari 2020

Moneter.id - Emiten perusahaan tambang batu bara PT Alfa Energi Investama Tbk (FIRE) mengalokasikan belanja modal tahun ini sebesar US$ 2 juta untuk mendukung ekspansi bisnis. Dimana sumber belanja modal (capital expenditure/capex) bersumber dari kas internal.

Direktur Utama PT Alfa Energi Investama Tbk, Aris Munandar mengatakan, penggunaan capex tahun ini akan digunakan untuk pengadaan alat berat dan persiapan produksi batubara di Blok N yang menjadi wilayah tambang PT Alfaria Delta Persada (ADP) yang merupakan anak usaha FIRE di Kutai Kartanegara, Samarinda.

Selain itu, katanya, FIRE sedang mempersiapkan anak usaha lainnya yaitu PT Berkat Bara Jaya (BBJ) untuk memulai proses produksi batubara.

“BBJ sudah memiliki izin usaha pertambangan operasi produksi (IUP OP). Perusahaan ini berlokasi di Kutai Barat,” jelas Aris di Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Soal target produksi dari PT BBJ, lanjut Aris, perseroan tidak mau menyebutkan angka pasti. Meskipun batubara yang dihasilkan PT BBJ memiliki kalori yang cukup tinggi yakni sekitar 5.000 kcal/kg-6.000 kcal/kg.

FIRE juga mulai melirik peluang berbisnis di sektor energi baru dan terbarukan (EBT) berupa panel surya. FIRE memiliki rencana untuk melakukan bisnis panel surya di area pertambangan sebagai pengganti genset.

“Rencana pengembangan bisnis EBT tersebut masih dalam tahap awal. Agenda bisnis tersebut juga belum disertakan dalam capex perusahaan di tahun ini,” ucap Aris.

Untuk diketahui, pada 2020 perseroan mempertahankan target volume penjualan batubara di 2020 di kisaran 1,5 juta ton.

Terkait target pendapatan 2020, kata Aris, hal tersebut akan sangat bergantung pada kondisi harga batubara dunia. “Jika harga batubara global masih terus bergerak di area US$ 60 per ton, besar kemungkinan pendapatan FIRE tetap berada di level Rp 1 triliun di tahun ini,” tungkasnya.


TERKINI