Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Susanto saat menghadiri rapat terbatas di Istana Presiden, Jakarta, Kamis, (9/1/2020).

Ratas Bahas Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan Anak, Ketua KPAI: Bentuk Komitmen Jokowi Wujudkan SDM Unggul

09 Januari 2020

Moneter.id - Rapat terbatas (Ratas) tingkat menteri dan pimpinan lembaga negara digelar di Istana Presiden, Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020 siang. Ratas membahas pencegahan dan penanganan kasus kekerasan terhadap anak di Tanah Air.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Susanto mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas inisiasinya membahas pencegahan dan penanganan kasus kekerasan terhadap anak pada rapat terbatas kali ini. 

“Ini sebagai bentuk komitmen kepala negara dalam mencegah dan menangani kasus-kasus kekerasan anak untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul,” ujar Susanto diketerangan resmi yang diterima Moneter.id, Kamis (9/1/2020).

Dalam Ratas tersebut Presiden Jokowi memberikan 3 arahan yaitu, pertama, mengoptimalkan pencegahan kekerasan terhadap anak melalui satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat.

Kedua, pentingnya perbaikan sistem layanan pengaduan terkait kasus-kasus anak. Ketiga, reformasi besar-besaran manajemen penanganan kasus anak menuju penanganan yg komprehensif.

Sebagai tindaklanjut Ratas, upaya pencegahan, penanganan dan rehabilitasi akan terus dioptimalkan agar anak-anak indonesia tumbuh menjadi pribadi yang unggul dam berkarakter.

Presiden juga memerintahkan Menteri Agama agar segera menerbitkan Peraturan Menteri Agama Terkait Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Terhadap Anak di Satuan Pendidikan Berbasis Agama.

Mengingat kasus kekerasan di satuan pendidikan juga terjadi dan untuk satuan pendidikan umum dibawah koordinasi Kemendikbud telah terbit Permendikbud 82 Tahun 2005 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan di Satuan Pendidikan.

 


TERKINI