Foto: Ist

Coba Enam Tips Ini, Jalan-jalan di Singapura Bisa Lebih Hemat

10 Januari 2020

Moneter.id - Singapura adalah negara tujuan bagi para penjelajah dan pelancong dengan budget yang minimalis. Dengan reputasinya yang mahal, membuat para pelancong di Asia Tenggara hanya menyisihkan beberapa hari saja untuk berkunjung dan menikmati keindahan Negara ini.

Untuk bisa menikmati hari-hari Anda di Singapura yang lebih lama. Anda bisa mengikuti 6 tips ini untuk menghemat pengeluaran Anda ketika berencana untuk berkunjung ke negara ini dan membeli tiket pesawat ke Singapura

1. Gunakan kartu EZ-Link

Untuk Anda yang hobi jalan-jalan dengan menggunakan transportasi umum, maka tips ini layak untuk dicoba ketika berkunjung ke Singapura. Jika memang ingin menggunakan transportasi umum seperti MRT dan bus, maka Anda bisa membayarnya dengan kartu EZ-Link.

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan kartu EZ-Link adalah bisa menghemat pengeluaran Anda daripada harus membeli tiket satuan yang harganya sangat mahal.

Untuk Anda yang ingin memulai menggunakan kartu ini, sebaiknya perhitungkan terlebih dahulu jumlah perjalanan Anda dan bandingkan perbedaannya antara membeli tiket dengan kartu EZ-Link atau membeli tiket dengan harga satuan.

Untuk harga kartu EZ-link ini pun seharga 5SGD, sehingga ini sangat penting untuk mempertimbangkannya terlebih dahulu.

2. Lokasi Penginapan yang Strategis

Sebelum Anda mulai merencanakan perjalanan ke tempat-tempat wisata di Singapura, alangkah baiknya Anda mempertimbangkan jarak antara tempat penginapan yang akan Anda tempati dengan tempat-tempat wisata yang akan Anda kunjungi.

Dengan begini, Anda pun bisa memilih tempat penginapan yang strategis dan terdekat dengan tempat-tempat wisata tersebut. Anda pun juga bisa menghemat biaya pengeluaran transportasi Anda ketika berlibur di Singapura.

3. Beli Tiket Atraksi Wisata Secara Paket

Membuat sebuah perencanaan untuk tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi di Singapura sangatlah penting. Dan pastikan Anda sudah memiliki referensi tempat-tempat yang akan Anda kunjungi sebelum membeli tiket wisata tersebut.

Dalam hal ini, Anda bisa mulai mencari tahu apakah tempat-tempat tersebut menawarkan tiket yang dijual satu paket atau tidak, yang dengan begitu Anda bisa menghemat budget Anda dan akan mendapatkan harga yang lebih murah.

Contohnya, untuk harga tiket Flower Dome Garden by the Bay + Cloud Forest seharga 28SGD dan untuk Singapore Flight harganya sekitar 33SGD. Jika Anda hanya membeli satuan untuk tiket-tiket tersebut, maka Anda akan dikenakan biaya sekitar 61SGD untuk total keseluruhan.

Namun, jika Anda membeli tiket-tiket tersebut di beberapa situs website tiket wisata, harga untuk paket tiket atraksi tersebut hanya sekitar 52SGD. Menarik bukan?

4. Beli Tiket Atraksi Via Online

Jika Anda merencanakan pergi dan berkunjung untuk melihat beberapa atraksi pertunjukan di Singapura, maka alangkah baiknya jika Anda membeli tiket-tiket tersebut melalui online daripada harus membelinya langsung di tempat wisata tersebut.

Kelebihan membeli lewat online adalah, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah daripada harga tiket yang secara langsung Anda beli di tempat wisata. Dan hal ini pun tentunya akan sangat menghemat pengeluaran Anda saat di Singapura.

Misalnya, bila harga tiket masuk ke Sentosa Merlin seharga 12SGD per orang saat membelinya langsung di tempat wisata, namun harganya akan lebih murah jika Anda membelinya di situs online resmi dengan seharga 10, 80SGD. 

5. Bawalah Botol Air

Mungkin Anda belum tahu jika meminum air dari keran di Singapura adalah hal yang sangat aman untuk dilakukan. Untuk konsep meminum air dari keran di Singapura ini sangatlah mirip dengan konsep meminum air dari keran di negara Australia.

Sehingga hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin menghemat ongkos pengeluaran air mineral yang Anda beli di Singapura.

Jadi, Anda bisa membawa botol air kesayangan Anda dan mengisi nya dari keran air tersebut daripada membelinya dengan harga sekitar 2-3SGD untuk air mineral kemasan dengan ukuran 600 mil. Sangat menarik, bukan?

6. Kunjungi Lokasi Atraksi Gratis

Ada beberapa tempat-tempat wisata di Singapura yang tidak memungut bayaran sekalipun alias gratis.

Contohnya seperti, Merlion Park yang menawarkan keindahan patung merlion yang ikonik, Garden Rhapsody Music & Light Show di Supertree Grove, atraksi music dan cahaya, Gardens by the Bay, dan juga pertunjukan lain seperti atraksi cahaya dan air di Marina Bay Sands, Spectra Light & Water Show. 

Sekarang Anda tidak perlu khawatir dengan budget yang Anda rencanakan. Anda pun bisa menghematnya lagi dengan mengikuti tips-tips di atas. Selamat Berlibur!


TERKINI