Tabung elpiji 3kg atau gas melon

Kementerian ESDM: Subsidi Harga Elpiji 'Gas Melon' Dihentikan Pada Semester II/2020

14 Januari 2020

Moneter.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyampaikan bahwa pada semester II/2020 pemerintah akan menghentikan subsidi pada harga elpiji tiga kilogram (3kg) atau gas melon.

"Mudah-mudahan pertengahan tahun ini bisa diterapkan, ujar Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Kata Djoko, berbagai sektor terkait setuju untuk elpiji 3kg secara tertutup hanya untuk masyarakat yang berhak.

Pihak-pihak yang dimaksud yaitu, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kemenko Maritim dan Investasi, dan Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan terkait skema penyaluran agar tepat sasaran.

“Sejumlah skema yang muncul untuk penyaluran subsidi, yakni dengan menggunakan kartu (barcode) yang terhubung dengan perbankan,” ujarnya.

Sementara, untuk penyaluran subsidi yang tepat sasaran, menurut dia, akan menghemat anggaran subsidi elpiji hingga 15%."Kalau pertengahan tahun bisa hemat 10% - 15% pada tahap awal," ucapnya.

Nantinya, Djoko Siswanto mengatakan, harga elpiji 3kg sesuai dengan harga pasar seperti elpiji 12kg. "Elpiji 12kg, tinggal dibagi 3 atau 4 saja, nanti kita lihat," ujarnya.


TERKINI