SKK Migas

Soal Status 'Sementara' SKK Migas, Mulan Jameela Pertanyakan Kajian yang Diminta MK

16 Januari 2020

Moneter.id - Anggota Komisi VII DPR RI dan penyanyi Mulan Jameela mengkhawatirkan status ‘sementara’ Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) pada iklim investasi di Indonesia

Kata Mulan, SKK Migas merupakan lembaga sementara pengganti BP Migas yang dibubarkan oleh Mahkamah Konsititusi (MK) pada 2012 lalu.

Pembubaran tersebut terjadi akibat digugurkannya sejumlah pasal yang menyangkut kedudukan BP Migas dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang migas.

"Jadi  status SKK Migas sekarang hanya sementara ya," kata Mulan, Kamis (16/1/2020).

Setelah BP Migas‎ bubar, MK meminta kajian mengenai institusi permanen pengganti BP Migas. "Apa sudah dibuat kajian tersebut? Kalau sudah informasikan ke kami, kalau belum kenapa?" ucap istri Ahmad Dhani ini.

Menurut Mulan, kajian tersebut penting sebab status permanen lembaga yang menangani kegiatan produksi migas Indonensia akan mempengaruhi iklim investasi yang saat ini kurang kondusif.

Ia juga meminta SKK Migas melakukan kajian mengenai lembaga permanen pengganti BP Migas, meski hal tersebut menjadi urusan pemerintah."Terkait status SKK Migas sendiri, bisa dibilang urusan pemerintah tidak salah juga kalau SKK Migas proaktif," tutup Mulan.


TERKINI