Ilustrasi Formula E. | Foto: Istimewa.

Balap Formula E, Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Keputusan Pemerintah Pusat

12 Februari 2020

Moneter.id - Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka telah memberikan izin untuk menggelar acara Formula E di Kawasan Medan Merdeka. 

Pemprov DKI Jakarta menyampaikan apresiasi kepada Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka atas izin tersebut. "Kami mengapresiasi keputusan pemerintah pusat dan kami akan terus berkoordinasi untuk keberhasilan acara ini," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Rabu (12/2).

Ajang Formula E akan dilaksanakan 6 Juni 2020. Anies mengatakan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan semua fasilitas yang dibutuhkan selesai sesuai jadwal.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) yang juga Chairman Organising Committee (OC) Jakarta E-Prix, Dwi Wahyu Daryoto, menyampaikan apresiasi atas diberikannya izin oleh Komisi Pengarah.

“Kami berterima kasih atas keputusan tersebut, dan kami akan melakukan koordinasi secara berkelanjutan dengan semua pemangku kepentingan,” ujar Dwi.

Dalam waktu dekat, publikasi tataletak dan pembangunan sirkuit segera dilakukan di Kawasan Medan Merdeka. Ini menyusul studi lapangan yang telah rampung dilakukan oleh Formula E Operations (FEO), Federation Internationale de l’Automobile (FIA), dan tim perancang sirkuit dari Tilke, didampingi tim OC pada akhir Januari lalu.

OC memerhatikan dengan seksama poin-poin yang perlu diperhatikan sesuai dengan surat persetujuan dari Komisi Pengarah. Poin terpenting adalah penekanan Kawasan Medan Merdeka sebagai cagar budaya.

“Ada UU No 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya, harus kami perhatikan penuh dalam pembangunan sirkuit dan fasilitas lainnya,” kata Dwi.

Formula E adalah ajang adu kecepatan mobil listrik membawa pesan meningkatkan kepedulian atas energi baru dan terbarukan, penggunaan kendaraan bertenaga listrik di masa depan, serta kepedulian terhadap kualitas udara -- Program Langit Biru -- untuk Jakarta khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

Jakarta menjadi salah satu kota dari 12 kota besar di dunia sebagai penyelenggara ABB Formula E Championship 2019/2020. Gubernur Anies Baswedan mengumumkannya secara resmi bersama Deputy CEO & Chief Championship Officer FEO Alberto Longo pada 20 September 2019 di Kawasan Medan Merdeka.


TERKINI