Kedai kopi 98 di wilayah Tangerang Selatan | Foto: Moneter

Ini Enam Kunci Agar Bisnis Kedai Kopi Jadi Sukses

13 Februari 2020

Moneter.id - Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit menyatakan, terdapat enam kunci sukses bagi para pelaku UKM dalam mengelola bisnis kedai kopi.

Keenam kunci sukses tersebut yaitu, produk inovatif dan rasa sesuai dengan lidah konsumen, harga yang kompetitif, tempat yang nyaman dan lokasi strategis, promosi yang tepat dan inovatif, serta inovasi dalam penjualan dan distribusi dengan menggunakan platform ride hailing.

“Kementeriannya memiliki program dalam mendorong pengembangan bisnis kedai kopi yang dijalankan koperasi dan UKM,” ucapnya di acara Indonesia Coffee Event (ICE) 2020 di gedung Smesco, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Diantaranya, fasilitas skim untuk wirausaha pemula, fasilitasi sertifikasi produk antara lain Merk, Halal, Hak Cipta, HACCP dan ISO, serta pendampingan usaha dan kelembagaan melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUKM.

"Termasuk program pelatihan vocational dalam meningkatkan keterampilan", tandas Victoria.

Bagi Victoria, ICE 2020 tidak hanya sebagai ajang kompetisi tingkat nasional, namun juga menampilkan pameran produk kopi, sarana pendukung usahanya dan bertemunya para pelaku usaha untuk menjalin kemitraan.

"Saya berharap, ajang ini dapat memotivasi koperasi dan UKM untuk terus meningkatkan kreativitas dan mengembangkan usahanya", kata Victoria.

Pada tahun 2019, ada lebih dari 2.937 outlet kedai kopi yang berdiri. "Hal tersebut membuka peluang kerja baru sebagai barista, professional cupper, sales, dan sebagainya," papar Victoria.

Tahun ini, bisnis kedai kopi diperkirakan meningkat seiring dengan naiknya konsumsi domestik kopi Indonesia sekitar 13,9% menjadi 294 ribu ton. Sedangkan pada 2021 diperkirakan akan naik lagi menjadi 370 ribu ton.


TERKINI