Foto: Ist

Untuk Kali Pertama, Pemerintah Terbitkan Sukuk Wakaf Senilai Rp50,84 Miliar

11 Maret 2020

Moneter.id - Untuk pertama kalinya, pemerintah Indonesia melaksanakan penerbitan Sukuk Wakaf SBSN seri SW001 dengan cara private placement senilai Rp50,84 miliar untuk pengembangan investasi sosial dan pemanfaatan wakaf produktif di tanah air. 

“Sukuk Wakaf yang diterbitkan mempunyai jangka waktu lima tahun dan tidak dapat diperdagangkan (non-tradable) dengan imbal hasil investasi berupa diskonto dan kupon fixed 5,0% per tahun,” tulis keterangan pers dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Dijelaskan, melalui Sukuk Wakaf, Pemerintah dapat memfasilitasi para pewakaf uang baik yang bersifat temporer maupun permanen agar dapat menempatkan wakaf uangnya pada instrumen investasi yang aman dan produktif.

Sesuai kewenangan yang diberikan peraturan perundang-undangan di bidang wakaf, Badan Wakaf Indonesia (BWI) dalam kedudukannya sebagai nazhir atau pengelola wakaf telah melakukan penempatan dana wakaf uang dalam SBSN melalui mekanisme private placement.

Diskonto dibayarkan sekali di awal transaksi penerbitan SW001 dan akan digunakan oleh BWI untuk pengembangan aset wakaf baru, yaitu renovasi dan pembelian alat kesehatan guna mendukung pembangunan retina center pada RS. Wakaf Achmad Wardi di Serang, Provinsi Banten.

Sementara itu, kupon dibayarkan setiap bulan dan akan digunakan untuk pelayanan operasi katarak gratis bagi kaum Dhuafa di Rumah Sakit yang sama, dengan target jumlah Dhuafa yang dilayani selama lima tahun sebanyak 2.513%, serta pengadaan mobil ambulans.

Selanjutnya, dana sukuk wakaf tersebut akan kembali 100% kepada wakif saat SBSN seri SW001 tersebut jatuh tempo yaitu 10 Maret 2025.


TERKINI