Foto: Ist

BJB Sosialisasi QRIS Kepada Pelaku UMKM

12 Maret 2020

Moneter.id - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau Bank BJB menggelar sosialisasi tentang pengenalan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kantor Pusat Bank BJB, Jalan Naripan, Kota Bandung, Kamis (12/3/2020).

Sosialisasi dilakukan untuk mendorong penetrasi penerapan teknologi transaksi QRIS yang dimiliki Bank BJB kepada karyawan serta nasabah, khususnya pelaku UMK dan juga dalam rangka meramaikan momentum Pekan QRIS Nasional.

Direktur Information Teknologi, Treasury, dan International Banking BJB, Rio Lanasier mengatakan pemahaman yang memadai tentang teknologi QRIS ini penting agar pemahaman tentang kelebihan teknologi alat bayar teranyar tersebut dapat terbentuk.

“Pengguna bisa mengetahui tata cara penggunaan QRIS serta memanfaatkannya untuk keperluan transaksi sehari-hari,” katanya.

Baca juga: BI: QRIS Jadi Alternatif Pembayaran Kekinian yang Aman dan Cepat

Menurutnya, penerapan teknologi QRIS sebagai salah satu medium transaksi merupakan sebuah keniscayaan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin menuntut kemudahan.

Sebagai alat transaksi yang terintegrasi secara nasional, QRIS menawarkan pengalaman bertransaksi dengan jaminan keamanan dan kenyamanan kepada setiap pengguna,” papar Rio.

Sebagai pionir dalam berinovasi, Bank BJB sendiri telah mengadopsi layanan QRIS yang hingga saat ini terus dikembangkan agar bisa dimanfaatkan secara lebih optimal.

Layanan QRIS Bank BJB merupakan transaksi pembayaran pada merchant dengan mekanisme pembayaran menggunakan QR Code serta menggunakan sumber dana uang elektronik berbasis server seperti OVO, GOPAY, ShopeePay, dan lainnya.

Selain itu, Bank BJB juga terus mengembangkan digi Cash yang merupakan uang elektronik berbasis server milik perseroan yang dipersembahkan bagi nasabah.

Layanan digi Cash dapat digunakan oleh nasabah maupun non nasabah Bank BJB dengan memanfaatkan teknologi berbasis mobile application dengan fungsi multiguna.

"Serangkaian langkah digitalisasi yang dilakukan perseroan merupakan perwujudan upaya implementasi BJB Digital Payment demi memberikan pengalaman transaksi yang lebih memudahkan sekaligus memuaskan. Hal tersebut seiring dengan visi perseroan yang senantiasa terlibat aktif dalam mewujudkan cita-cita cashless society bagi masyarakat Indonesia di masa depan," ujar Rio.

Asal tahu saja, QRIS adalah fitur pembayaran uang elektronik terbaru berbasis ponsel dan sangat mudah digunakan yakni hanya dengan mengunduh aplikasi yang sudah terstandardisasi.

Selain itu, QRIS adalah satu-satunya QR yang berlaku di Indonesia dan dikembangkan oleh Bank Indonesia (BI) serta Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) beberapa waktu lalu dengan tujuan untuk mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas serta mengakomodasi kebutuhan transaksi keuangan secara nasional.

 


TERKINI