Pintek

Accion Venture Lab Danai Pintek untuk Tingkatkan Akses dan Kualitas Pendidikan di Indonesia

18 Mei 2020

Moneter.id – Accion Venture Lab, inisiatif dari Accion khusus untuk pendanaan seed-stage (tahap awal) startup finansial teknologi inklusif, telah mendanai Pintek, perusahaan finansial teknologi peer-to-peer lending di Indonesia yang berfokus pada akses pembiayaan untuk siswa dan institusi pendidikan guna meningkatkan akses pendidikan dan kualitas pendidikan di Indonesia pada masa pandemi COVID-19.

Menurut data dari pemerintah Indonesia dari 2017-2018, lebih dari 150.000 ruang kelas dari total sekolah di Indonesia dalam keadaan rusak, dan hampir 25 persen sekolah di Indonesia tidak memiliki perpustakaan.

“Pintek memberikan pinjaman kepada institusi pendidikan berdasarkan anggaran pendapatannya untuk menunjang kebutuhan operasional dan  peningkatan kualitas pendidikan,” Kata Michael Schlein, President dan CEO Accion di Jakarta, Jumat (16/5/2020)

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi yang timbul dari sektor pendidikan mencapai 3,25% pada tahun 2019, lebih tinggi dari inflasi umum, yaitu 2,72%.

BPS juga mencatat bahwa rata-rata pengeluaran masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya atau Purchasing Power Parity (PPP) sebesar Rp 11.299.000 juta per tahun pada 2019.

“Pintek berinovasi untuk menghadirkan produk cicilan yang dapat meringankan siswa dalam menempuh pendidikan, tujuannya adalah untuk menyetarakan kualitas sumber daya manusia di Indonesia,” ujarnya.

Hingga saat ini, Pintek  telah melayani siswa yang tersebar di 26 dari 34 provinsi di Indonesia melalui kemitraan dengan berbagai sekolah dan platform pengelola pembayaran.

Pintek mengadakan berbagai inisiatif inovatif guna mendukung akses ke pendidikan selama COVID-19. Selain itu, Pintek juga berinisiatif melakukan penggalangan dana yang bertujuan untuk membantu guru honorer yang saat ini terkena dampak dari COVID-19.

"Dukungan finansial memiliki peran penting untuk memungkinkan siswa mengakses pendidikan di Indonesia - dan bagi institusi pendidikan untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi. Inovasi Pintek mendukung kedua ujung spektrum pendidikan untuk mengisi kesenjangan dalam pembiayaan bagi siswa dan institusi pendidikan di negara ini," kata Michael Schlein.

Menurutnya, kemampuan Pintek dalam menjawab kebutuhan siswa dan institusi pendidikan yang terus berubah dengan adanya pandemi saat ini dapat menjadi sumber daya  penting dalam mendukung pemulihan keuangan mereka.

"Kami sangat terkesan dengan aksi cepat mereka dalam menemukan cara baru untuk membantu pelanggan selama masa sulit ini. Kami senang menjadikan Pintek sebagai salah satu portfolio Venture Lab," tambah Vikas Raj, Managing Director Accion Venture Lab.


TERKINI