Direktur Kota Kasablanka, Lusiana saat mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan; Sekjen sekaligus Plt. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Suhanto; Ketua Umum DPP APPBI A. Stefanus Ridwan S saat meninjau kesiapan Kota Kasa

Buka Kembali, Kota Kasablanka Akan Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

16 Juni 2020

Moneter.id – Sesuai dengan ketentuan pemerintah mengenai penerapan new normal, Kota Kasablanka kembali membuka waktu operasionalnya dengan penyesuaian jam menjadi 11.00 – 20.00 WIB dan menerapkan berbagai protokol kesehatan dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

“Dengan tujuan untuk mewujudkan rasa #BelanjaNyaman, Kota Kasablanka juga telah menerapkan berbagai protokol kesehatan yang wajib diikuti oleh seluruh pengunjung,” kata Direktur Kota Kasablanka, Lusiana di Jakarta, Selasa (16/6/2020).

Protokol kesehatan yang wajib diikuti oleh seluruh pengunjung meliputi, penggunaan wajib masker, wajib melakukan cek suhu tubuh dengan suhu maksimal 37.3°C, jika lebih dari suhu tersebut maka diharapkan untuk beristirahat di rumah/ segera ke dokter.

Kemudian, wajib mematuhi peraturan physical distancing selama berada di area Kota Kasablanka dan saat menggunakan fasilitas mal sesuai dengan petunjuk yang ada.

Himbauan jaga jarak ini juga berlaku di area outdoor mal seperti area parkir motor dan sepeda. Tentunya, seluruh peraturan physical distancing ini telah disosialisasikan kepada karyawan internal/toko dan akan terus disosialisasikan kepada pengunjung,” kata Lusiana.

Guna menunjang protokol tersebut, kata Lusiana, ragam papan petunjuk juga telah disebar di berbagai lokasi di mal. "Dihimbau untuk selalu mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer yang tersedia di berbagai lokasi baik di area indoor maupun outdoor mal seperti di area concierge, lobby dan pintu masuk karyawan," jelas Lusiana.

Untuk meminimalisir kontak langsung, Kota Kasablanka menyediakan contactless button dalam penggunaan lift dan mesin karcis parkir sehingga pengunjung tidak perlu lagi memencet tembol menggunakan tangan.

Kota Kasablanka juga akan menerapkan sistem one-way corridor yang akan diberlakukan jika mal dalam keadaan ramai. Hal ini bertujuan untuk mengatur arus pengunjung sehingga mengantisipasi adanya penumpukan di titik tertentu,” ucapnya.

Selain itu, Kota Kasablanka juga terus menghimbau pengunjung untuk membawa baby stroller/wheelchair pribadi. Pengunjung dihimbau membawa perlengkapan shalat pribadi ketika menggunakan fasilitas masjid/mushola,” jelasnya.

Selain itu, pembatasan jarak juga diterapkan di area parkir secara bertahap, misalnya di area parkir motor yang diwajibkan jaga jarak minimal 1 slot parkir dan ditiadakannya fasilitas parkir valet. Di himbau untuk melakukan pembayaran secara cashless,” papar Lusiana.

Seluruh protokol kesehatan ini tentunya juga diterapkan di dalam toko, Kota Kasablanka terus menghimbau toko untuk melakukan general cleaning dan memastikan bahwa produk yang akan dijual dalam keadaan baik.

Toko juga terus dihimbau untuk melakukan pengecekan dan memastikan bahwa karyawan yang bertugas sedang dalam keadaan sehat serta telah melakukan rapid test COVID-19.

“Karyawan toko juga terus dihimbau untuk mengenakan perlengkapan yang aman, yaitu face shield dan hand gloves khususnya bagi karyawan toko yang melakukan kontak langsung dengan customer, seperti kasir dan pelayan toko,” katanya lagi.

Hal ini tentunya dilakukan untuk menciptakan rasa nyaman baik bagi pengunjung maupun karyawan yang akan memasuki area mal. “Kami senang dapat kembali menyambut pengunjung setia kami, tentunya pembukaan kembali Kota Kasablanka merupakan hasil kerjasama seluruh pihak yang senantiasa menaati peraturan,” tungkas Lusiana.

 


TERKINI