PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk (AMOR)

Dana Kelolaan AMOR Turun 17,8 Persen Hingga Akhir Juni 2020

13 September 2020

Moneter.id – PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk atau AMOR mencatatkan dana kelolaan sebanyak Rp 22,8 triliun hingga akhir Juni 2020. Dana ini turun 17,8% dari periode sama tahun lalu yakni Rp 27,71 triliun.

Penurunan dipicu atas pelemahan indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia sebesar 22,9% pada periode yang sama dan khususnya yang utama, pandemi,” kata Chief Executive Officer AMOR, Ronaldus Gandahusada, Minggu (13/9/2020)

Namun, lanjut Ronaldus, perseroan optimistis bahwa struktur usaha yang kuat mampu untuk membuat perseroan bertahan dan berhasil mengatasi tantangan-tantangan operasional yang datang.

Selain itu, sepanjang semester I/2020, pendapatan bersih usaha dari kegiatan manajer investasi turun hingga 9,47% menjadi Rp 279,62 miliar. Begitu juga dengan laba bersih turun mencapai 8,02% menjadi Rp 79,56 miliar.

“Pada masa seperti ini, prioritas perusahaan adalah sumber daya manusia, manajemen risiko, dan disiplin biaya untuk mempertahankan kinerja keuangan,” jelasnya.

Meski raihan laba bersih turun, Ronaldus menilai, perseroan tengah berada di posisi yang tepat untuk mengelola potensi pemulihan di pasar modal Indonesia dalam jangka menengah.

"Dari internal sendiri, kami akan terus melakukan perbaikan dari segi literasi keuangan yang dapat meningkatkan permintaan untuk jasa manajemen investasi. Perseroan juga memfokuskan penguatan kinerja reksa dana baik terhadap nasabah, mendiversifikasi tema produk investasi serta memperkuat kemampuan infrastruktur distribusi," ungkapnya.

AMOR berencana untuk membagikan dividen sebanyak Rp 50,9 miliar atau Rp 45,8 per lembar saham sesuai dengan komitmen persroan untuk konsisten membayarkan minimum 50% dari laba bersih pada setiap tahunnya.


TERKINI