Ilustrasi Bursa Efek Indonesia | Foto: Istimewa

Tahun Ini BEI Jadi Lantai Bursa Terbanyak Catat IPO di Asia Tenggara

21 September 2020

Moneter.id – Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Inarno Djajadi menyatakan BEI menjadi bursa di Asia Tenggara yang mencatatkan aksi korporasi berupa penawaran saham umum perdana (initial public offering/IPO) terbanyak sepanjang 2020.

”Angka ini akan terus bertambah mengingat masih terdapat lima calon perusahaan yang sedang dalam proses melakukan penawaran umum,” kata, Inarno di Jakarta akhir pekan lalu.

Menurut Inarno, digitalisasi berperan penting dalam merealisasikan kegiatan edukasi kepada calon emiten yang akan bergabung dalam daftar perusahaan terbuka.

“Ada 46 perusahaan yang mencatatkan sahamnya di BEI. Hingga akhir Agustus 2020, BEI sudah menjalankan lebih dari 3.500 kegiatan edukasi secara online dengan jumlah hampir 800.000 orang. Hal ini dianggapnya tidak mungkin dilakukan dengan pertemuan fisik,” paparnya.

Selama masa PSBB ini, BEI tidak menghentikan operasional maupun layanan ke publik termasuk kegiatan edukasi kepada calon investor apalagi calon emiten melalui pemanfaatan teknologi dan media digital.

Sepanjang tahun ini melalui digital platform, peningkatan investor di pasar modal Indonesia tercatat naik 26% menjadi lebih dari 3,1 juta investor. Inovasi untuk kemajuan pasar modal Indonesia dianggap sebagai alasan pertumbuhan angka investor tersebut. 


TERKINI