Ilustrasi | Foto: Istimewa

Kolaborasi Jenius dan BNI TapCash Dukung Gerakan Pembayaran Nontunai di Indonesia

24 September 2020

Moneter.id – Jenius, solusi life finance untuk masyarakat melek digital (digital savvy) dari Bank BTPN, berkolaborasi dengan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menghadirkan layanan top up BNI TapCash melalui aplikasi Jenius.

Masyarakat digital savvy Indonesia kini dapat menggunakan layanan ini melalui perangkat smartphone Android yang dilengkapi dengan fitur NFC (Near-Field Communication). Selain itu, kolaborasi ini juga pemperkenalkan Kartu BNI TapCash Edisi Jenius dengan desain dan karakter unik khas Jenius.

“Jenius percaya kolaborasi dengan berbagai pihak dibutuhkan untuk menghadirkan layanan finansial yang lengkap dan relevan. Pada kesempatan ini Jenius berkolaborasi dengan BNI TapCash untuk membantu pengguna lebih mudah bertransaksi secara nontunai dengan uang elektronik,” jelas Irwan S. Tisnabudi Digital Banking Head Bank BTPN di Jakarta, Kamis (24/9/2020).

Menurutnya, kolaborasi ini juga bertujuan untuk mendukung gerakan pembayaran nontunai (cashless) yang tengah digalakkan oleh pemerintah dan Bank Indonesia. Terlebih di masa saat ini, peran pembayaran digital maupun nontunai sangat penting dalam upaya meminimalisir kontak fisik saat bertransaksi.

Baca juga: BNI- Jenius Makin Lengkapi Pelayanan ke Masyarakat

Terdapat perubahan perilaku finansial pada masyarakat digital savvy selama pandemi ini. Sebelum pandemi, berikut adalah lima fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna Jenius yaitu Send It ke bank lain, Kartu Debit Utama (m-Card), Top Up e-Wallet, Flexi Saver, dan Tarik Tunai.

Di saat pandemi lima fitur yang paling sering digunakan menjadi Send It ke bank lain, Kartu Debit Utama (m-Card), Flexi Saver, Top Up e-Wallet, dan Send It antar akun Jenius. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna mengandalkan lebih sering menabung di saat pandemi ini, memanfaatkan transaksi digital, dan mulai beralih ke metoda pembayaran nontunai.

Sementara, Pemimpin Divisi E-Banking BNI Sri Indira mengatakan, kolaborasi ini kami harapkan akan semakin melengkapi pelayanan yang diterima oleh masyarakat, baik pengguna BNI TapCash, pengguna Jenius, maupun yang belum menggunakan keduanya.

Kolaborasi diharapkan dapat terus meningkatkan jumlah pengguna TapCash yang per Agustus 2020 telah meningkat hingga 23% dibandingkan Agustus tahun lalu,” ujarnya.

Pengguna BNI TapCash Edisi Jenius dapat turut mendukung gerakan pembayaran nontunai dengan menggunakannya dalam setiap aktivitas harian seperti pembayaran transportasi umum Commuterline, TransJakarta, MRT, LRT, Railink, Kapal Penyeberangan, pembayaran tol dan parkir, hingga transaksi di berbagai toko retail BNI seperti restoran, bioskop, mini market, dan masih banyak lagi.

“Semoga kolaborasi Jenius dengan BNI TapCash ini dapat diterima dengan baik dan membantu aktivitas masyarakat digital savvy dalam bertransaksi secara nontunai. Bersama-sama kami percaya kolaborasi ini dapat mendukung terbentuknya ekosistem ekonomi digital yang lebih baik lagi di Indonesia,” tutup Irwan.

 


TERKINI