Mandiri Tunas Finance (MTF)

Pefindo Sebut Peringkat Obligasi MTF Stabil di Posisi idAA+

26 Oktober 2020

Moneter.id – PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) menegaskan peringkat “idAA+” dengan outlook “Stabil” untuk Obligasi Berkelanjutan II Tahap I/2015 Seri B senilai Rp 100 miliar yang diterbitkan PT Mandiri Tunas Finance (MTF) akan jatuh tempo pada 18 Desember 2020.

Kesiapan MTF untuk melunasi obligasi tersebut didukung oleh fasilitas kredit senilai total Rp2,4 triliun pada akhir Agustus, dan rata-rata collection bulanan dari portfolio pembiayaan sekitar Rp2 triliun.

“Di tengah situasi pandemi ini, penegasan peringkat tersebut merupakan suatu tanda bahwa MTF sangat fokus dalam pengelolaan likuiditas. Dengan demkian, kami berupaya maksimal agar kewajiban pembayaran obligasi di bulan Desember 2020 akan terlaksana tepat pada waktunya,” kata Direktur MTF Armendra belum lama ini.

Lembaga Pemeringkat ini mengatakan bahwa afirmasi peringkat tersebut mencerminkan kapasitas MTF yang sangat kuat, sebegai penerbit surat utang untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang, secara relatif dibandingkan dengan penerbit surat utang lainnya di Indonesia.

Berdasarkan laporan keuangan per Juni 2020, Pefindo juga menyebutkan rasio-rasio, yakni cost to income 54,1%, operating profit margin -0,4% , ROAA 0%, NPR-balance/net service assets 6,9%, reserve/net service assets 0,9%, ekuitas/net service asset 5,6%, total utang dibanding total ekuitas 5,3x, likuiditas jangka pendek MTF sebesar 100,9%.

Peringkat “idAA” dengan outlook “Stabil” diberikan Pefindo atas Obligasi Berkelanjutan II Tahap I/2015 sejak Juli 2016, di mana sebelumnya peringkat untuk obligasi tersebut adalah “idAA”, outlook Stabil. Peringkat ini berlaku sejak 14 Oktober – 18 Desember 2020.


TERKINI