Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

Terkait Saldo Rp20 Miliar Raib, LPS: Tidak Dijamin

10 Nopember 2020

Moneter.id – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyatakan tidak menjamin saldo yang hilang sebesar Rp20 miliar milik atlet e-Sport Winda Lunardi pada PT Maybank Indonesia Tbk.

"Nilai Simpanan yang dijamin LPS mencakup saldo pada tanggal pencabutan izin usaha Bank. LPS cuma mengganti simpanan nasabah pada bank gagal," tulis LPS dalam situs resmi lps.go.id, Selasa (10/11/2020).

Dijelaskan, simpanan yang dijamin meliputi giro, deposito, sertifikat deposito, tabungan, dan atau bentuk lain yang dipersamakan dengan itu.

Saldo nasabah yang dijamin untuk setiap nasabah pada satu bank maksimal Rp2 miliar. Teknisnya, saldo nasabah yang dijamin berupa pokok ditambah bagi hasil yang telah menjadi hak nasabah, untuk simpanan yang memiliki komponen bagi hasil yang timbul dari transaksi dengan prinsip syariah.

Kemudian, pokok ditambah bunga yang telah menjadi hak nasabah untuk simpanan yang memiliki komponen bunga. Lalu, nilai sekarang per tanggal pencabutan izin usaha dengan menggunakan tingkat diskonto yang tercatat pada bilyet, untuk simpanan yang memiliki komponen diskonto.

"Saldo yang dijamin untuk setiap nasabah pada satu bank adalah hasil penjumlahan saldo seluruh rekening Simpanan nasabah pada Bank tersebut, baik rekening tunggal maupun rekening gabungan (joint account)," jelas LPS.

Untuk rekening gabungan, saldo rekening yang diperhitungkan bagi satu nasabah adalah saldo rekening gabungan tersebut yang dibagi secara prorata dengan jumlah pemilik rekening.

Dalam hal nasabah memiliki rekening tunggal dan rekening gabungan (joint account), saldo rekening yang terlebih dahulu diperhitungkan adalah saldo rekening tunggal.

Selanjutnya, dalam hal nasabah memiliki rekening yang dinyatakan secara tertulis diperuntukkan bagi kepentingan pihak lain (beneficiary), maka saldo rekening tersebut diperhitungkan sebagai saldo rekening pihak lain yang bersangkutan.

Sebelumnya diberitakan, uang nasabah atlet e-Sports Winda D. Lunardi atau Winda Earl dan ibunya sebesar Rp20 miliar raib di bank Maybank. Winda mengaku jika uang miliaran tersebut merupakan hasil menabung dirinya bersama sang ibu yang sudah ia mulai sejak 2015 lalu. 


TERKINI