Bank Syariah Indonesia | Foto: Istimewa

Bank Syariah Indonesia akan 'right issue' sebesar Rp7,2 triliun

12 Maret 2021

Moneter.id – Bank Syariah Indonesia (BSI) berencana melakukan penambahan modal dengan memesan hak terlebih dahulu (right issue) senilai 500 juta dolar AS atau sekitar Rp7,2 triliun.

"Rights issue ini sebagai upaya meningkatkan jumlah saham beredar dan menemukan mitra strategis perusahaan," kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo di Jakarta, Rabu (10/3).

BSI akan melakukan right issue secara bertahap hingga tahun 2023. Kebijakan right issue ini untuk memenuhi ketentuan jumlah saham beredar perusahaan yang belum mencapai 7,5 persen.

Pemerintah menargetkan kerja sama mitra strategis akan menggunakan jalur Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Indonesia Investment Authority (INA).

"Match of interest kami akan sangat terbuka untuk bekerjasama dengan investor yang ingin mengambil block seed di Bank Syariah Indonesia," kata Kartika.

Diketahui, BSI menargetkan dapat naik kelas dari BUKU III menjadi BUKU IV, serta bisa masuk ke dalam 10 bank syariah terbesar di dunia sejajar dengan Bank Al-Rajhi dan Bank Albilad yang berpusat di Arab Saudi.


TERKINI