Ajaib Group | Foto: Istimewa

Jadi terbesar di Asia Tenggara, start up Ajaib Group raih pendanaan Seri A USD90 juta

29 Maret 2021

Moneter.id – Perusahaan rintisan atau start-up investasi saham dan reksadana, Ajaib Group menutup putaran pendanaan Seri A dengan total US$ 90 juta. Hal tersebut dinilai menjadi pendanaan seri A terbesar dalam sejarah start-up di Asia Tenggara.

Sebelumnya dikonfirmasi pendanaan pertama putaran Seri A senilai US$ 25 juta pada Januari lalu. Selanjutnya, pendanaan tambahan senilai US$ 65 juta dipimpin oleh investor fintech ternama Ribbit Capital.

Ajaib Group adalah investasi pertama Ribbit Capital di Asia Tenggara. Ribbit Capital dikenal sebagai venture capital dengan investasi pada fintech unicorn, seperti Coinbase, Affirm dan Revolut.

Perusahaan sempat memimpin pendanaan pada Robinhood senilai US$ 3,4 miliar pada Februari lalu. Investor lain yang turut berpartisipasi dalam putaran Seri A ini adalah Y Combinator Continuity, ICONIQ Capital, Bangkok Bank Plc, serta diikuti oleh investor-investor lama, seperti Horizons Ventures milik Li Ka-Shing, Softbank Ventures Asia, Alpha JWC Ventures dan Insignia Ventures.

Beberapa pendiri fintech ternama, seperti David Velez dari Nubank dan SG Lee dari Toss juga turut berpartisipasi dalam putaran pendanaan Ajaib Group kali ini.

“Saat ini terjadi revolusi investasi ritel yang belum pernah ada sebelumnya. Ajaib berada di garis paling depan dalam revolusi ini. Ajaib sedang membangun brand paling terpercaya di Indonesia,” kata Managing Partner Ribbit Capital Micky Malka, Senin (29/3).

Kata Micky, mereka berkomitmen untuk menyediakan transparansi dan melayani investor milenial Indonesia dengan produk terbaik dapat disandingkan dengan perusahan-perusahan kelas dunia.

Sedangkan PT Ajaib Sekuritas yang merupakan bagian dari Ajaib Group, kini mengklaim menduduki posisi ke-4 broker saham terbesar di Indonesia berdasarkan trading frequency. Hanya dalam waktu empat bulan, Ajaib Sekuritas telah memproses lebih dari 10 juta transaksi.

“Pencapaian tersebut menjadikan Ajaib salah satu perusahaan fintech dengan pertumbuhan terpesat di Asia Tenggara,” ucap Micky. 


TERKINI