BTPN Syariah

Penyaluran pembiayaan BTPN Syariah meningkat 6 persen meski dilanda pandemi

22 April 2021

Moneter.id – PT Bank BTPN Syariah Tbk mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp9,7 triliun pada kuartal I/2021. Angka ini meningkat 6 persen jika dibandingkan periode yang sama pada 2019 yakni sebesar Rp9,2 triliun.

"Meski di tengah pandemi, penyaluran pembiayaan ke segmen ultra mikro tersebut telah mencapai Rp9,7 triliun, tumbuh sebesar 6 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya," kata Direktur BTPN Syariah Arief Ismail di Jakarta, Kamis (22/4).

Kata Arief, pertumbuhan pembiayaan yang sehat tersebut juga disertai dengan konsistensi dalam menjaga kualitas pembiayaan yang sangat hati-hati. Kemampuan bank dalam menjaga kinerja juga tercermin dalam perolehan laba bersih setelah pajak (NPAT) selama kuartal I/2021 mencapai Rp375 miliar atau setara dengan 44 persen laba bersih 2020.

Disisi Dana Pihak Ketiga (DPK), meningkat sebesar 9 persen mencapai Rp10,5 triliun. BTPN Syariah pun mencatat total aset dan total ekuitas masing-masing Rp17,3 triliun dan Rp6,3 triliun.

"Total pertumbuhan asset dan ekuitas tersebut mencapai 8 persen dari pada periode yang sama tahun lalu," ujar Arief.

Menurut Arief, seluruh pertumbuhan yang baik tersebut menandakan bahwa ketangguhan prasejahtera Indonesia menghadapi pandemi berada pada posisi yang optimis.

Selain itu, perseroan berencana membagikan dividen tunai dengan porsi pay out ratio yang lebih besar dibanding tahun sebelumnya yaitu dari 25 persen menjadi 30 persen. Nilai dividen per saham yang dibagikan adalah Rp33 per lembar saham.


TERKINI