Aplikasi SehatQ | Foto: Istimewa

Enam tipe faskes yang bisa dicari di aplikasi kesehatan digital SehatQ

01 Mei 2021

Moneter.id – Apa saja yang Anda pertimbangkan ketika memutuskan untuk berobat. Jika Anda tidak memiliki preferensi dokter tertentu untuk berkonsultasi, Anda pasti akan mempertimbangkan fasilitas kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda, mulai dari kebonafidan, kebersihan, sampai jaraknya dari kediaman Anda.

Tentunya faskes yang dimaksud di sini bukan hanya rumah sakit. Banyak jenis faskes yang dapat menjadi tujuan Anda berobat atau tempat untuk penanganan masalah kesehatan Anda.

Anda bisa memanfaatkan fitur Faskes yang ada di SehatQ untuk membantu Anda menemukan faskes yang cocok untuk didatangi sesuai kondisi dan penanganan yang Anda butuhkan.

Dilansir dari keterangan resmi SehatQ di Jakarta, Sabtu (1/5), berikut ini adalah beberapa jenis faskes yang bisa Anda cari di aplikasi kesehatan digital dengan fitur terlengkap untuk mendukung keluarga yang sehat ini:

Rumah Sakit

Rumah sakit bukan sekadar faskes yang memungkinkan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter. Pengertian rumah sakit menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 340/MENKES/PER/III/2010 adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna, yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.

Beberapa jenis pelayanan tambahan dapat diberikan oleh tipe faskes yang satu ini, seperti pelayanan medik, pelayanan perawatan, pelayanan rehabilitasi, dan peningkatan kesehatan.

Tidak jarang ada rumah sakit yang juga berfungsi sebagai tempat pendidikan dokter. Yang pasti juga, Anda dapat menemukan banyak dokter spesialis di rumah sakit.

Klinik

Klinik merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan dan menyediakan pelayanan medis dasar dan atau spesialistik. Biasanya klinik diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan dan dipimpin seorang tenaga medis.

Menurut jenisnya, klinik terbagi dua, yaitu klinik pratama dan klinik utama. Klinik Pratama menyelenggarakan pelayanan medik dasar dan dipimpin seorang dokter umum. Sementara itu, klinik utama menyelenggarakan pelayanan medik spesialistik atau pelayanan medik dasar dan spesialistik.

Puskesmas

Fungsi faskes yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan klinik. Anda dapat memperoleh penanganan dan pengobatan dasar di puskesmas. Pada beberapa puskesmas, terdapat pula beberapa jenis dokter spesialis, walaupun jumlahnya tidak seberagam di rumah sakit.

Beberapa puskesmas besar, bahkan ada fasilitas tempat rawat inap. Puskesmas sendiri merupakan unit pelaksana teknis dinas kabupaten/kota yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatau wilayah kerja.

Dikelola oleh pemerintah, biaya pengobatan di puskesmas kerap jauh lebih murah. Anda pun bisa mencari faskes kesehatan yang satu ini di SehatQ.

Klinik Kulit dan Kecantikan

Bukan hanya kesehatan organ tubuh bagian dalam yang mesti Anda perhatikan. Jika Anda membutuhkan perawatan kulit dan kecantikan, Anda pun bisa datang ke klinik. Hanya saja, faskes untuk tujuan perawatan kecantikan ini cenderung tidak sama dengan klinik biasa.

Klinik kulit dan kecantikan merupakan faskes yang khusus menangani masalah kulit dan kecantikan dan kerap hanya memiliki dokter dengan spesialiasi kulit dan kelamin dengan berbagai subspesialisasi.

Klinik Gigi

Sesuai namanya, faskes kesehatan yang satu ini melayani penanganan dan pengobatan gigi. Jadi jika Anda memiliki keluhan gigi ataupun mulut, Anda bisa mendatangi klinik gigi untuk mendapatkan pengobatan yang lebih cepat.

Beberapa klinik gigi terbilang besar dan memiliki dokter spesialis yang bisa menangani sampai pembedahan gigi dan mulut. Namun, beberapa klinik gigi tidak memiliki dokter dengan spesialiasi sehingga penanganan bedah tidak mampu dilakukan.

Laboratorium

Selain berkonsultasi ke dokter, ada momen ketika Anda membutuhkan faskes untuk mengecek kesehatan Anda secara menyeluruh. Anda bisa mencari faskes berupa laboratorium di SehatQ.

Di faskes ini, Anda bisa melakukan tes darah untuk mengetahui berbagai risiko dan kondisi kesehatan Anda.


TERKINI