Mustika Ratu

Penjualan bersih Mustika Ratu naik 30 persen di kuartal I/2021

22 Juni 2021

Moneter.id – PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 88,6 miliar di kuartal I/2021. Raihan ini meningkat 30% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 68,1 miliar. Laba bersih perseroan juga meningkat 54% menjadi Rp 1,91 miliar dari Rp 1,24 miliar.

“Kenaikan laba bersih didorong oleh peningkatan penjualan sebesar 30% dan penghematan biaya operasional sebesar 4% dibandingkan tahun lalu,” kata Direktur Keuangan Mustika Ratu, Jodi Andrea Suryokusumo, Senin (21/6).

Jodi bilang, peningkatan penjualan bersih disebabkan oleh kenaikan penjualan produk kesehatan sebesar 104%, perbaikan penjualan sektor kosmetik yang pada kuartal I-2021 naik 43%, peningkatan penjualan di sektor perawatan diri sebesar 3%, awareness pelanggan dalam menjaga kesehatan dan konsumsi minuman herbal, serta permintaan produk jamu yang meningkat 44%.

Kata Jodi, perseroan optimistis dalam melakukan transformasi yang dapat mendorong perseroan pada keunggulan operasional.

Sejak 2020, Mustika Ratu makin melebarkan sayap bisnisnya dengan merambah ke segmen healthcare dan personal care selain kosmetik, jamu, dan minuman yang sudah eksis sejak awal. Perseroan merilis produk anyar seperti hand sanitizer dan disinfektan.

Kemudian di segmen healthcare, perseroan merilis suplemen Herbamuno+ yang merupakan produk immunomodulator yang dibuat dari bahan-bahan alami herbal, yaitu sambiloto, akar manis, meniran, jahe emprit, dan daun jambu.

Adapun Herbamuno sedang dalam proses uji klinis untuk menjadi produk fitofarmaka.

“Tahun 2021 adalah momentum untuk pertumbuhan kinerja yang lebih baik. Hal itu sejalan dengan program inovasi dan agenda transformasi bisnis yang terus berjalan dan lebih baik dari tahun sebelumnya,” tungkas Jodi.


TERKINI