Foto: Istimewa

Laba Telkom naik 13,3 persen di semester I-2021

01 September 2021

Moneter – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) atau Telkom membukukan laba bersih Rp 12,451 triliun di semester I-2021 atau tumbuh 13,3% dibandingkan priode yang sama tahun lalu Rp 10,989 triliun.

“Imbasnya, laba per saham perseroan turut meningkat menjadi Rp 125,69 per saham atau naik dari priode yang sama tahun lalu Rp 110,93. Sementara pendapatan konsolidasi tercatat Rp 69,48 triliun atau naik 3,8%,” tulis perseroan diketerangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (31/8).

Tulisnya, kontribusi pendapatan dari data, internet, dan jasa teknologi tumbuh 4,2% menjadi Rp39,576 triliun. Bahkan, pendapatan dari Indihome tumbuh 24,2% menjadi Rp12,879 triliun dengan marjin EBITDA yang juga tumbuh dengan mengesankan, dari 38,6% per Juni 2020 menjadi 47,6% per Juni 2021.

Selain itu, pelanggan IndiHome tercatat bertambah 285 ribu pelanggan sejak awal tahun, sehingga total jumlah pelanggan IndiHome hingga kuartal II/2021 mencapai 8,3 juta orang, naik 11,4% YoY.

Perseroan juga mengungkapkan, pendapatan dari telepon menyusut 18,18% menjadi Rp8,55 triliun. Demikian juga pendapatan interkoneksi terpapas 6,72% menjadi Rp3,844 triliun.

Namun beban dan biaya membengkak 3,6% menjadi Rp46,419 triliun. Sementara itu, aset perseroan tercatat tumbuh 6,9% menjadi Rp263,99 triliun. Hal itu di picu membengkaknya utang bank jangka pendek sebesar 68% menjadi Rp16,776 triliun.

Kemudian arus kas bersih yang dihasilkan sebesar Rp33,085 triliun, menyusut 3,17% dibandingkan semester pertama 2020 yang terbilang Rp34,171 triliun. Selain itu, Telkom juga membukukan marjin EBITDA perseroan naik dari 54% pada kuartal II/2020 menjadi 54,45 per kuartal II/2021.

Konsistensi kinerja diraih Telkom Indonesia berkat komitmen perusahaan melakukan transformasi bisnis untuk menjadi digital telco terdepan di Indonesia dan bahkan regional,” ujar Ririek Adriansyah.

Telkom, lanjutnya, berkomitmen melakukan transformasi digital secara konsisten dengan menyediakan berbagai produk dan layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat di era kenormalan baru.

Kehadiran konektivitas, platform dan layanan digital terbaik dari Telkom diharapkan dapat membantu masyarakat dalam beraktivitas, sehingga pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat Indonesia akan semakin membaik ke depannya.


TERKINI