Ilustrasi | Foto: Istimewa

Hey ladies, ini cara mudah pilih serum sesuai dengan jenis kulit

04 September 2021

Moneter – Jika dahulu para wanita berlomba-lomba untuk memiliki kulit wajah putih, namun sekarang tren sepertinya bergeser. Orang-orang mendambakan kulit wajah glowing yang terlihat sehat dan cantik.

Salah satu cara yang banyak dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang glowing adalah dengan rutin memakai serum. Maka dari itulah berbagai produk serum bermunculan di pasaran. Baik itu produksi lokal atau dari impor.

Produksi lokal, serum Wardah merupakan salah satu yang banyak dipilih. Tak bisa dipungkiri, merek yang mengusung produk halal ini memang terkenal memiliki kosmetik yang aman, terjangkau, dan juga bagus. Tak salah berbagai produk Wardah memiliki banyak penggemar di tanah air.

Bagi Anda yang masih bingung membeli serum apa, ada baiknya untuk mengenali jenis kulit yang dimiliki. Pasalnya, setiap jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda. Yuk ikuti cara memilih serum berdasarkan jenis kulit sebagaimana berikut ini. 

Kulit Kering

Bagi pemilik kulit berminyak ada beberapa kandungan yang disarankan dan dilarang ada pada serum yang akan dibeli. Dibandingkan pelembab, serum digadang-gadang lebih ampuh melembabkan kulit karena bisa menembus lapisan lebih dalam. Karena itulah, pemilik wajah kering sangat disarankan untuk pakai serum secara rutin.

Ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan, yakni pilihlah serum dengan kandungan hyaluronic acid di dalamnya. Ini merupakan kandungan yang ampuh untuk melembabkan kulit sekaligus menghilangkan tanda-tanda penuaan dini. Cari juga serum dengan kandungan antioksidan tinggi di dalamnya yang berguna untuk meningkatkan elastisitas kulit serta menangkal radikal bebas.

Jika memungkinkan, belilah serum-serum dengan kandungan vitamin E di dalamnya yang akan menjaga kadar air di dalam kulit, sehingga mengunci kelembabannya. Kulit terasa jauh lebih lembab dan kenyal. Selain itu, hindari serum dengan kandungan alkohol di dalamnya karena menyebabkan kulit lebih kering lagi.

Kulit Berminyak

Sementara bagi pemilik kulit berminyak, Anda perlu mencari serum dengan kandungan vitamin C tinggi di dalamnya. Kandungan tersebut selain mencegah munculnya bintik hitam di wajah juga akan mengurangi produksi minyak berlebih. Sehingga wajah terlihat sehat, lembab, dan tidak greasy. Selain itu, pilih serum-serum dengan kandungan AHA yang akan mengecilkan pori-pori.

Kandungan lainnya yang perlu dipertimbangkan ada pada serum yang dipilih adalah retinol yang selama ini juga mengontrol produksi minyak seta menghilangkan kerutan. Selain itu ambil serum dengan water-based yang ringan saat digunakan, tidak menambah minyak. Hindari berbagai serum yang memiliki banyak sekali mineral oil, bisa memicu munculnya minyak tambah parah lagi.

Karena Indonesia memiliki iklim tropis, saat sedang kemarau lakukan perawatan berlebih supaya kulit tetap sehat dan kenyal. Karena udara panas juga bisa mengikis kelembaban kulit jika tidak dirawat secara berkala. Membuat kulit semakin aman, selalu gunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan ya. Jika memungkinkan kenakan topi atau kerudung juga.

Kulit Kombinasi

Masalah yang sering muncul pada pemilik jenis kulit kombinasi ini adalah munculnya jerawat dan minyak berlebih di T Zone, namun di bagian lainnya malah kering. Untuk menyiasatinya, carilah serum-serum dengan kandungan oil control di wilayah T Zone namun memberikan kelembaban di bagian kulit kering.

Nah, bahan atau kandungan yang disarankan ada di dalam serum ini antara lain hyaluronic acid yang ampuh menjaga kelembaban kulit namun juga tidak menyebabkan produksi minyak berlebihan. Hyaluronic acid juga akan mencegah munculnya sebum yang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

Kulit Sensitif

Lalu bagaimana memilih serum untuk kulit sensitif yang kerap kali muncul jerawat mengganggu? Pilihlah serum yang memiliki kandungan bahan aktif paling sedikit. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya iritasi kulit. Hindari juga berbagai bahan pewangi, pengawet atau zat adiktif lainnya yang memicu munculnya reaksi berlebihan.

Selain itu, hindari penggunaan alkohol, pilihlah serum non-alkohol yang lebih aman. Karena jika sudah non-alkohol tidak bersifat alergenik. Untuk beberapa kandungan yang disarankan, antara lain niacinamide atau ceramide yang melembabkan kulit tanpa menyebabkan iritasi.

Bagi yang ingin melawan berbagai tanda penuaan dini yang muncul, jangan lupa untuk pilih serum dengan kandungan anti aging. Lalu untuk melembabkan, produk-produk dengan kandungan moisturizer banyak bisa dipilih.

Kulit Normal

Sementara bagi kulit normal, tidak terlalu banyak kandungan yang perlu dihindari. Disarankan, Anda memilih serum dengan kandungan kolagen tinggi untuk mengenyalkan kulit dan membuatnya tetap awet muda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan berbagai serum dengan kaya kandungan vitamin C.

Vitamin C yang tinggi selain bisa mencerahkan wajah, juga menyamarkan bintik-bintik hitam yang muncul karena penuaan atau lingkungan. Selain itu juga ampuh mengusir berbagai radikal bebas. Jangan lupa juga memiliki serum dengan kandungan pelembab yang tinggi.

Kulit normal ini merupakan jenis yang paling mudah perawatannya. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot lagi mengeluarkan banyak uang untuk treatment di salon atau dokter. Hal yang perlu Anda lakukan adalah pembersihan secara rutin, jangan lupa serum yang cocok, dan terapkan pola hidup yang sehat.


TERKINI