Logo Bursa Efek Indonesia (BEI)

BEI: 44 perusahaan sudah masuk pipeline untuk right issue

06 September 2021

Moneter – Bursa Efek Indonesia (BEI) menyampaikan jumlah perusahaan yang berencana melakukan penambahan modal melalui Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau right issue mencapai 44 perusahaan dengan total dana direncanakan sebesar Rp116,57 triliun.

“44 perusahaan sudah masuk dalam daftar (pipeline) dengan total dana right issue yang direncanakan sebesar Rp116,57 triliun,” kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna di Jakarta, Senin (6/9).

Katanya, masih terdapat antrian sejumlah perusahaan yang akan melakukan right issue sampai dengan akhir 2021.

“Kinerja perusahaan yang baik dan rencana penggunaan dana right issue yang berpotensi meningkatkan kinerja perusahaan, dapat menarik investor baru untuk masuk sebagai pemegang saham perusahaan," ujar Nyoman.

Bilang Nyoman, sampai saat ini, sudah ada 18 perusahaan tercatat yang telah melakukan rights issue dengan total dana yang berhasil dihimpun mencapai Rp51,89 triliun dimana rights issue terbesar antara lain PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) sebesar Rp15,4 triliun dan PT Bank Permata Tbk (BNLI) sebesar Rp10,82 triliun.

“Berdasarkan pipeline rights issue pada 2021, terdapat 13 bank yang akan melakukan rights issue guna memperkuat struktur permodalannya. Dari jumlah perolehan dana yang akan dihimpun melalui rights issue, masih didominasi oleh perusahaan tercatat pada sektor keuangan termasuk perbankan,” ujarnya. 


TERKINI