Gedung Pertamina Pusat | Foto: Istimewa

Pertamina alihkan 41,10 persen saham di Elnusa kepada PHE

06 September 2021

Moneter – PT Pertamina mengalihkan sebanyak 41,10% sahamnya di PT Elnusa Tbk (ELSA) kepada anak usahanya PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang bertindak sebagai Subholding Upstream pada 1 September 2021.

Kata Direktur Utama Elnusa Ali Mundakir, meski seluruh saham telah dialihkan, PT Pertamina (Persero) tetap bertindak sebagai pemegang saham pengendali perseroan.

“Pengalihan saham ini bagian dari optimalisasi sinergi di internal Pertamina Group, khususnya di sektor hulu migas. Karena itu, perseroan meyakini pengalihan saham akan mampu membuka potensi investasi aset-aset baru untuk mendukung jasa servis di sektor hulu, sehingga. hal ini merupakan potensi pengembangan bisnis Elnusa ke depan,” bebernya di Jakarta, Senin (6/9).

Jelasnya, melalui diversifikasi portofolio mulai dari jasa hulu migas, distribusi dan logistik energi, serta jasa penunjang, perseroan secara penuh siap mendukung Pertamina Group dalam meningkatkan produksi migas di sektor hulu. Termasuk mendukung ketahanan dan suplai energi ke seluruh negeri melalui pengelolaan dan distribusi BBM dan LPG khususnya di luar Pulau Jawa.

“Melihat peluang sinergi yang semakin luas di lingkup Subholding Upstream serta kompetensi unggul dan pengalaman Elnusa yang mumpuni, kami optimistis untuk meningkatkan kinerja ke depan menjadi lebih baik lagi. Di sisi lain, kami juga akan semakin berperan penting mendukung program Pemerintah meningkatkan produksi minyak 1 juta Barel per Day di 2030 mendatang,” tutur Ali.


TERKINI