Kalbe Farma

Akan kembangkan vaksin Genexine atau GX-19N, Kalbe Farma siapkan Rp600 miliar

08 September 2021

MoneterPerusahaan yang memproduksi farmasi, suplemen, nutrisi dan layanan kesehatan, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) menyiapkan investasi  Rp 500-600 miliar untuk pengembangan vaksin Genexine atau GX-19N.

“Dengan investasi tersebut, Kalbe berharap bisa memasarkan vaksin Genexine tidak hanya untuk wilayah Indonesia, namun juga ke kawasan Asia Tenggara,” kata Direktur Keuangan Kalbe Farma, Bernardus Karmin Winata, Rabu (8/9/2021).

Menurutnya, dalam mengembangkan vaksin Genexine, perseroan masih bisa menggunakan fasilitas yang ada saat ini. “Fasilitas itu masih cukup untuk proses pengisian vial dan penyelesaian proses pengemasan untuk didistribusikan,” ujar Bernardus.  

Bernardus mengatakan, saat ini pengembangan vaksin Genexine sudah masuk uji klinik tahap 2b/3.  Kalbe diharapkan bisa mendapatkan persetujuan emergency use approval (EUA) dari BPOM pada akhir tahun ini, sehingga setelah itu vaksin secara resmi bisa digunakan.

Informasi saja, pada tahun 2021 Kalbe Farma telah menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 1 triliun. Pada semester I-2021, Kalbe Farma sudah menggunakan belanja modal sebesar Rp 235 miliar. 


TERKINI