Ilustrasi materai | Foto: Istimewa

Anak usaha Peruri gandeng BPD Net distribusikan e-materai

30 Nopember 2021

Moneter – Anak usaha Peruri, PT Peruri Digital Security (PDS), bekerjasama dengan PT Solusi Nusantara Terpadu (BPD Net) untuk mendistribusikan meterai elektronik (e-meterai) kepada masyarakat.

“Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2021 tentang Pengadaan, Pengelolaan dan Penjualan Meterai, Peruri mendapatkan penugasan dari negara untuk mencetak meterai tempel dan membuat meterai elektronik (e-meterai),” kata Direktur Utama PDS Tetty Herawati Siregar, Selasa (30/11).

Untuk diketahui, Peruri mempercayakan distribusi meterai kepada PDS untuk mendukung pendistribusian dan penjualan meterai elektronik melalui sistem yang tersedia. Masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan meterai elektronik dengan cara mengakses portal e-meterai di alamat https://e-meterai.co.id.

Sementara, BPD Net merupakan mitra ke enam yang telah digandeng PDS agar pendistribusian meterai elektronik dapat bergerak lebih cepat dan masif.

Sejak berdiri pada tahun 2011, PDS dipersiapkan untuk berkompetisi di pasar digital khususnya di bidang pembayaran (smart card), pengamanan transaksi (certificate authority) dan pengamanan data dan informasi (personalisasi).

Dalam perjalanannya untuk menjadi penyedia jasa sistem keamanan dan ketahanan transaksi digital nasional, PDS juga terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kompetensinya.

Sementara, sejak resmi diluncurkan ke publik pada 1 Oktober 2021, meterai elektronik (e-meterai) merupakan representasi salah satu langkah pemerintah untuk melakukan digitalisasi di berbagai aspek.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat e-meterai diperlukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan transaksi elektronik yang pertumbuhannya sangat masif mengingat fungsinya untuk melakukan pembayaran atas pajak dokumen yang terutang bea meterai.

"PDS telah menjadi authorized distributor untuk produk-produk digital Peruri di antaranya tanda tangan digital Peruri Sign dan stempel digital Peruri Tera," tungkasnya.


TERKINI