
Raih Pendanaan Seri A, SATURDAYS 'Kebut' Ekspansi ke Seluruh Indonesia
Moneter –
Brand kacamata lokal SATURDAYS meraih pendanaan Seri A yang dipimpin oleh
Altara Ventures. DSG Consumer Partners dan afiliasi lainnya juga bergabung
dalam putaran pendanaan ini.
Pendanaan ini akan digunakan untuk mempercepat
ekspansi ke seluruh Indonesia, memperkuat pengalaman omnichannel berbasis
teknologi, serta mendorong pertumbuhan produknya.
Co-Founder SATURDAYS
Andrew Kandolha mengatakan, SATURDAYS menawarkan kacamata dengan harga
terjangkau dan berkualitas tinggi yang dirancang agar pas dan terlihat baik
bagi konsumen Asia.
“Teknologi pendekatan omnichannel yang kami miliki memainkan peran yang sangat penting
agar kami bisa terus memberikan kemudahan bagi pelanggan sekaligus pengalaman
berbelanja yang lebih menyenangkan melalui situs web, aplikasi seluler, pesan
singkat, uji coba di rumah, atau bahkan langsung di toko yang kami
miliki," ucapnya di siaran persnya, Sabtu (7/5/2022).
Kata Andrew, SATURDAYS akan memberikan kepuasan
pelanggan di setiap pertemuan pertama. "Hal ini kami lakukan demi
menciptakan kesan dan pengalaman berbelanja yang tak terlupakan dengan merek
SATURDAYS yang solid," tegas Andrew.
SATURDAYS didirikan untuk menjawab isu penting yang
mana sebagian penduduk di Indonesia sangat memerlukan penanganan gangguan
penglihatan, tetapi hanya sepertiganya yang mampu mengakses atau membeli
kacamata dengan resep dan layanan perawatan penglihatan yang mereka butuhkan.
Selain itu, masih banyak masyarakat yang memilih
membayar lebih untuk sekadar membeli produk kacamata bermerek yang
dirancang untuk Western Face atau bahkan sekadar membeli kacamata tiruan
dengan kualitas yang kurang baik.
SATURDAYS membentuk perilaku baru dalam berbelanja
kacamata yang menghadirkan pengalaman digital pertama, yaitu direct-to-consumer kepada konsumen Indonesia.
Aplikasi seluler (mobile application)
"SATURDAYS LIFESTYLE" yang diluncurkan pada awal tahun 2021 menjadi
langkah bagi SATURDAYS untuk memberikan pengalaman berbelanja kacamata secara
lebih baik lagi dan tanpa hambatan.
Aplikasi ini pun memiliki fitur yang memungkinkan
konsumen untuk mencoba frame secara virtual serta hadirnya layanan yang dapat
diuji coba secara langsung dari rumah (Home Try-On).
SATURDAYS mempelopori layanan ini, dengan ditangani
oleh ahli optik berlisensi yang menghadirkan lebih dari 100 frame bersama
dengan peralatan pengujian mata yang nyaman untuk dilakukan di rumah.
Toko offline SATURDAYS
juga memainkan peran penting bagi konsumen dalam menemukan produk baru,
membangun ekuitas merek, serta mengembangkan kepercayaan dengan konsumen.
Saat ini, SATURDAYS telah memiliki 15 toko–8 di
antaranya dibuka dalam 3 bulan terakhir–yang berlokasi di pusat perbelanjaan
ternama di Indonesia, dan akan terus berkembang di tahun depan.
Sebelumnya, pada tahun
2020, SATURDAYS telah menerima pendanaan tahap awal dari perusahaan modal
ventura lokal dan regional Alpha JWC Ventures, Kinesys Group, dan Alto Partners.