Gedung Indosat | Foto: Istimewa

Libur Lebaran 2022, Indosat Ooredoo Catat Kenaikan Trafik Harian

09 Mei 2022

Moneter – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatatkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 27% pada tanggal 29 April 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dimana sekitar 97% di antaranya dapat terlayani di jaringan 4G.

Perusahaan telekomunikasi digital ini juga mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 13% di masa libur lebaran dibandingkan dengan hari normal tahun ini. Ditunjang dengan data statistik di masa Ramadan dan Lebaran sebelumnya, IOH berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data yang signifikan di beberapa kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Madiun, Tuban, Serang, dan Sukabumi. Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Lampung, Padang, Pontianak dan Parepare.

"Pertumbuhan ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim IOH dan mitra kami di lapangan, yang berhasil mengantisipasi dan menjamin ketersediaan layanan bagi seluruh pelanggan," kata President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha dalam keterangan di Jakarta, Minggu (08/05/2022).

Pergerakan mobilitas pelanggan yang dinamis dan peningkatan trafik telekomunikasi juga mampu diantisipasi oleh perusahaan melalui penerapan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi yang diimplementasikan sejak tahun 2020 lalu.

Tercatat pemakaian layanan mobile gaming mengalami kenaikan sebesar 25%, media sosial naik 15%, messaging dan video call naik 43%, serta streaming video dan musik naik 19% dibandingkan dengan hari normal dan lebaran tahun lalu.

YouTube, WhatsApp, Facebook, TikTok, dan Instagram masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan Tri dan IM3 selama masa libur Lebaran tahun ini, termasuk pemakaian aplikasi permainan daring seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.

Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga memberikan dukungan atas penyelesaian kendala yang dialami pelanggan selama masa liburan. Pelanggan Tri dan IM3 pun sama-sama bisa menikmati pengalaman berkomunikasi yang lancar di jaringan 4G meskipun terjadi tren peningkatan trafik khususnya data, yang diprediksi akan tetap tinggi di masa liburan Lebaran dalam beberapa hari ke depan.

“Sesuai dengan misi perusahaan untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia, kami berharap jaringan terintegrasi dengan dukungan ekosistem digital IOH yang lengkap akan menghadirkan pengalaman digital kelas dunia kepada pelanggan Tri dan IM3 selama masa libur Lebaran tahun ini,” kata Vikram.


TERKINI