Foto: Istimewa

Berkat Transformasi Digital, Pendapatan Telkom Naik 3,7 Persen di Kuartal I-2022

11 Mei 2022

Moneter – Di kuartal I-2022, PT Telkom Indonesia {Persero) Tbk (TLKM) atau Telkom membukukan pendapatan sebesar Rp35,2 triliun atau tumbuh 3,7% yoy dengan EBITDA (Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi) tercatat Rp19,4 triliun dan laba bersih Rp6,1 triliun.

“EBITDA dan laba bersih tersebut meningkat 3,1% dan 1,7% dari periode yang sama tahun lalu,” kata Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah disiaran persnya di Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Pada tahun ini, kata Ririek, Telkom akan fokus untuk mengakselerasi langkah transformasi perusahaan untuk menjadi digital telco. Ada lima strategi utama yang ingin direalisasikan untuk memperkuat competitive advantages perusahaan, meningkatkan value creation bagi stakeholder serta mendukung terwujudnya sustainable competitive growth.

“Langkah ini mulai memperlihatkan hasil yang baik dan kami yakini akan berdampak positif bagi perusahaan dalam 2-3 tahun ke depan.” ujarnya.

Pada segmen fixed broadband, IndiHome membukukan pendapatan sebesar Rp6,9 triliun atau tumbuh 7,9% yoy dengan total kontribusi terhadap pendapatan perseroan mencapai 19,5%. Adapun pelanggan IndiHome hingga akhir Maret 2022 mencapai 8,7 juta atau tumbuh 7,2% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Selain itu, ARPU IndiHome yang kian stabil di kisaran Rp270 ribu, didorong oleh pendapatan dari add-ons yang tumbuh 15,6% YoY dan berkontribusi sebesar 15,9% dari total pendapatan IndiHome.

Untuk meningkatkan pengalaman digital pelanggan, IndiHome terus menjalin kerja sama dengan content provider (Disney+ Hotstar dan lainnya) yang menghadirkan tayangan terbaik dan berkualitas.

Selain itu, pada bulan lalu IndiHome dan Telkomsel menyepakati kerja sama dengan Netflix sebagai upaya untuk menawarkan konten terdepan bagi pelanggan TelkomGroup. Dengan layanan yang menjangkau hingga 498 dari total 514 IKK di Indonesia, IndiHome memegang peran penting dalam mendorong pengembangan masyarakat digital.

Pada segmen Mobile, Telkomsel berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp21,3 triliun. Jumlah pelanggan Telkomsel pada akhir Maret 2022 mencapai 175,0 juta pelanggan dengan pengguna mobile data sebanyak 119,8 juta pelanggan (tumbuh 4,3% yoy).

Lalu lintas data juga tumbuh 19,2% dari periode yang sama tahun lalu. Total BTS yang dimiliki Telkomsel hingga akhir triwulan I-2022 mencapai 247.930 unit atau tumbuh 5,9% yoy di mana 197.721 di antaranya adalah BTS 3G/4G/5G.


TERKINI