Skip to Content

Wow, Pendapatan Bakrie Telecom Meroket 400 Persen di Tahun 2021

Wow, Pendapatan Bakrie Telecom Meroket 400 Persen di Tahun 2021
Bakrie Telecom

MONETER – PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) mencatatkan pendapatan sebesar Rp 52,1 miliar sepanjang tahun 2021. “Kenaikan yang hampir 400 persen ini salah satunya berkat adanya transformasi usaha menjadi bisnis berbasis digital,” kata Presiden Direktur Bakrie Telecom, Harya Mitra Hidayat, Minggu (3/7/2022).

 

Perusahaan menyebutkan bahwa beberapa unit usaha akan menjadi lokomotif penopang pertumbuhan kinerja ke depan seperti, PT Layanan Prima Digital (LPD) yang memiliki kegiatan usaha penyediaan solusi komunikasi dengan target pasar korporasi.

 

“LPD terus menambah jenis layanan. Ke depan, LPD mengembangkan produk solusi komunikasi dengan layanan komunikasi berbasis teknologi digital artificial intelligent (AI), sehingga pelanggan dapat memiliki layanan automated customer service 24 jam dengan menggunakan algoritma artificial intelligent sesuai kebutuhan,” ucapnya.

 

Selain itu, katanya, pertumbuhan perseroan juga akan didorong melalui anak usahanya, PT Inovasi Teknologi Nusantara (ITN) yang memfokuskan kegiatan usaha solusi informasi teknologi (IT).


“ITN juga menyediakan skillfull manpower (tenaga ahli) di bidang IT untuk berbagai sektor korporasi. Saat ini, ITN telah memiliki kerjasama penyediaan teknologi dan alat-alat pelengkapnya yang berbasis Internet of Things (IOT) untuk industri transportasi elektrik (electric vehicle) dan industri pertambangan,” jelasnya.

 

Bakrie Telecom juga memiliki PT Cakra Andalas Fasilitas (CAF) yang bergerak di bidang penyediaan dan pengelolaan infrastruktur yang fokus pada industri penyiaran. Seiring dengan berlakunya regulasi industri penyiaran dari analog menjadi digital, peluang bisnis CAF menjadi sangat potensial ke depan.

 

CAF telah menjalankan kegiatan usaha pengelolaan infrastruktur industri siaran berbasis digital sejak tahun lalu. Bahkan, CAF berkontribusi sekitar 50% terhadap total pendapatan BTEL Group.

 

Kemudian, perseroan juga merambah bisnis digital marketing melalui PT Sangads Digital Pariwara (Sangads). Lini bisnis ini diprediksi bertumbuh pesat ke depan, seiring pesatnya perkembangan ekosistem digital di Indonesia. Hampir 30% pendapatan BTEL Group tahun 2021 disumbangkan Sangads.




Tags :