Lewati Target, KKP Catat Telah Terima PNBP RpRp67,6 Miliar
Skip to Content

Lewati Target, KKP Catat Telah Terima PNBP RpRp67,6 Miliar

Lewati Target, KKP Catat Telah Terima PNBP RpRp67,6 Miliar
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

MONETER – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah mencatatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp67,6 miliar selama periode Januari-Juli 2022


“Target ini sudah melebihi target akhir tahun sebesar Rp50 miliar,” kata Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Victor Gustaav Manoppo di Jakarta, Rabu (20/7/2022).


Kata Victor, realisasi tersebut tercapai seiring dengan semakin ditegakkannya aturan di bidang kelautan dan perikanan serta meningkatnya kesadaran pelaku usaha terhadap administrasi perikanan.


"Seiring dengan semakin ditegakkannya aturan dan meningkatnya kepatuhan masyarakat pengguna laut dan perikanan, saat ini mulai muncul kesadaran pelaku usaha untuk memenuhi kewajiban perijinan dan administrasi yang ada di KKP," kata Victor.


Victor juga memastikan realisasi ini juga merupakan pencapaian yang membanggakan karena sudah melebihi target PNBP dari sektor kelautan dan perikanan tahun-tahun sebelumnya.


"Kita menetapkan target PNBP tahun 2022 ini berdasarkan capaian tahun-tahun sebelumnya, memang pada tahun-tahun sebelumnya target pencapaian PNBP khususnya dari pengelolaan ruang laut itu masih kecil," ujarnya.


“Pihak KKP akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan untuk memanfaatkan potensi penerimaan PNBP di semester II/2022,” tutupnya.

 


Tags :