Luhut Klaim Utang Indonesia Sebesar Rp7.000 Triliun Masih yang Terkecil
Skip to Content

Luhut Klaim Utang Indonesia Sebesar Rp7.000 Triliun Masih yang Terkecil

Luhut Klaim Utang Indonesia Sebesar Rp7.000 Triliun Masih yang Terkecil
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat Ground Breaking pembangunan jalan tol seksi 3 Cileles - Panimbang di Pandeglang, Banten, Senin (8/8/2022).

MONETER – Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa utang pemerintah Indonesia sebesar Rp7.000 triliun merupakan yang terkecil di dunia dibandingkan dengan negara-negara lainnya.


"Pemerintah Indonesia hanya punya utang Rp7.000 triliun dan paling terkecil di dunia," kata Luhut, Senin (8/8/2022).


Kata Luhut, utang pemerintah Indonesia hanya 40% dari produk domestik bruto (PDB), sedangkan negara-negara maju lainnya hingga 100% dari PDB.


"Kami minta bapak-bapak dan teman di daerah jangan dengar yang aneh-aneh dan tidak jelas, karena pemerintah tahu benar yang dilakukan," jelasnya.


Menurutnya, pemerintah Indonesia memiliki utang sebesar Rp7.000 triliun, namun semua utang itu produktif. Artinya, seperti utang untuk pembangunan jalan tol, tentu utangnya akan dikembalikan kepada orang yang memberikan pinjaman.


“Jangan sampai proyek tersebut ditipu oleh informasi-informasi yang salah dan pemerintah itu pintar-pintar dan tidak bodoh,” ucap Luhut lagi.


“Pembangunan yang dilakukan pemerintah tentu dihitung dengan betul dan benar termasuk bagaimana return on investment (ROI) nya,” pungkasnya.

 


Tags :