YLKI: Pinjol Dominasi Aduan Sepanjang 2022
Skip to Content

YLKI: Pinjol Dominasi Aduan Sepanjang 2022

YLKI: Pinjol Dominasi Aduan Sepanjang 2022
Foto: Istimewa

MONETER – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat pinjaman online (Pinjol) mendominasi aduan yang masuk ke YLKI sepanjang 2022.

 

“Pinjaman online beberapa tahun terakhir sangat dominan dan tertinggi di YLKI dengan 44 persen (dari seluruh aduan bidang jasa keuangan) pada 2022,” kata Ketua Bidang Pengaduan YLKI Rio Priambodo, Jumat (20/1/2023).

 

Katanya, jasa keuangan berada pada peringkat 1 dari 10 besar pengaduan konsumen sepanjang 2022 dengan 32,9% dari total 200 ribu lebih aduan dari konsumen YLKI.

 

Permasalahan yang terjadi pada pinjaman online mencakup cara penagihan (57%) yang dilakukan dengan cara yang tidak etis dan mengintimidasi serta menyebarkan data pribadi. Kemudian diikuti dengan aduan mengenai permohonan keringanan pembayaran pinjaman online (11%), informasi pinjaman tidak sesuai (7%) hingga penyebaran data pribadi (6%).

 

“Ada juga tidak meminjam tapi ditagih sebanyak 5%. Entah dijadikan kontak darurat atau sebagainya tetapi dia tidak meminjam tapi ditagih,” ujarnya.

 

Selain pinjaman online, sebanyak 25% konsumen mengadukan soal bank yang didominasi aduan mengenai permohonan keringanan. Lalu sebanyak 12% mengenai uang elektronik hingga 11% terkait leasing dan 7% mengenai asuransi.

 

Sementara, Ketua YLKI Tulus Abadi menyampaikan pengaduan individu pada 5 tahun terakhir cenderung meningkat. Pada 2022 terdapat 883 pengaduan individu, naik dibandingkan 2021 dan 2020 yang masing-masing 535 dan 402 aduan.

 

Selain itu, Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) Indonesia pada 2022 masih berada pada level mampu dengan skor 53,23. Namun skor tersebut meningkat jika dibandingkan skor IKK 2021 sebesar 50,39% atau skor IKK 2020 sebesar 49,07%.

 

“Ini fenomena-fenomena yang positif walaupun kalau terkait dengan complain habit skornya masih rendah karena baru pada paham dengan skor 34 saja. Padahal penting salah instrumen untuk meningkatkan indeks kepercayaan adalah complain habit,” ucapnya.

 

YLKI mendata pengaduan terhadap ketidakpuasan atas barang/jasa yang telah dibeli hanya mencapai skor 34,44 dan unsur pihak yang dituju untuk pengaduan terhadap ketidakpuasan pembelian atas barang/jasa.

 

“Disimpulkan bahwa pengajuan keluhan kurang direspons baik oleh masyarakat dan pihak yang dituju untuk pengaduan masih belum banyak diketahui oleh masyarakat,” jelas Tulus.

 


Tags :